Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Senam Hamil untuk Usia Kehamilan 1 - 3 Bulan

Senam Hamil untuk Trimester Pertama
Senam Hamil bagi kebanyakan bidan atau dokter kandungan lebih disarankan untuk dimulai pada usia kehamilan 6 bulan. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Niniek Soetini, Sst. Ft, Ahli Fisioterapi dari Siloam Hospitals Surabaya. Dia mengajarkan bagaimana melakukan senam hamil pada ibu hamil muda atau usia kehamilan 1 – 3 bulan.

Kehamilan memang sebuah masa penantian seorang pasangan suami istri. Banyak hal yang dipersiapkan para orang tua khususnya ibu hamil, dan yang paling sering menjadi sorotan saat ini adalah senam hamil. Hal ini dikarenakan senam ibu hamil memang memberikan efek positif terhadap ibu hamil itu sendiri dan janin di dalam kandungan.

Prinsip dasar senam hamil untuk ibu hamil muda adalah fokus terhadap latihan pernafasan. Hal ini dikarenakan Ibu hamil membutuhkan oksigen (O2) 20% lebih  banyak dibandingkan saat sebelum hamil. Kebutuhan oksigen tersebut tidak hanya untuk ibu, namun oksigen juga dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan.

Bagi janin oksigen berguna untuk memaksimalkan perkembangan otak dan syaraf janin. Dan pada awal kehamilan, perkembangan otak dan syaraf janin mulai berkembang secara cepat, sehingga senam ibu hamil muda difokuskan untuk memanajemen pernapasan dan yang terpenting latihan senam hamil ini sangat aman untuk posisi janin pada trimester pertama yang masih sangat rawan terjadi keguguran. Adapun gerakan senam hamil pada usia kehamilan 1-3 bulan ini adalah dengan mengambil napas dari hidung, tangan dalam hitungan beberapa detik dan lepaskan napas secara pelan-pelan agar tercipta perasaan rileks.

Latihan atau senam hamil yang mengatur pernapasan ini mulai ditingkatkan pada usia kehamilan trimester kedua yang bertujuan untuk menguatkan tangan dan kaki ibu hamil. Sedangkan memasuki usia kehamilan trimester ketiga, latihan pada ibu hamil digunakan untuk menguatkan otot punggung dan otot dasar panggul.

Beragam Latihan dan gerakan dalam senam hamil juga sangat bermanfaat  pada proses persalinan (khususnya persalinan normal). Hal ini dikarenakan saat proses persalinan, seorang calon ibu memerlukan kekuatan penuh saat mengejan, dan semuanya telah dipersiapkan melalui senam ini di usia trimester ini.

Durasi senam Hamil usia 1-3 bulan

Lama waktu yang baik untuk sekali senam atau latihan senam hamil dilakukan dalam waktu 30 menit hingga 60 menit. Latihan senam hamil muda ini juga bisa dilakukan 3 hingga 5 kali dalam satu minggu atau tidak dilakukan setiap hamil. Latihan senam hamil boleh dilakukan karena harus memperhatikan beberapa persyaratan, seperti memperhatikan kondisi fisik ibu dan kehamilan. Kehamilan sebaiknya dalam keadaan normal tanpa indikasi gangguan penyakit seperti hipertensi dan kehamilan dengan plasenta privea. Indikasi kehamilan kembar juga harus seijin dokter yang merawat. Dan gerakan senam hamil juga harus disesuaikan dengan usia kehamilan.

Ringkasan:
  • Tips Senam Hamil untuk Usia Kehamilan 1-3 Bulan, fokus terhadap latihan pernapasan,
  • Latihan pernapasan pada ibu hamil muda bisa memilih undangannya.
Bersama: +detikcom , +Detikplus , +Kompas TV , +KOMPAS.com , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Tips Senam Hamil untuk Usia Kehamilan 1 - 3 Bulan"