Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengobati Flu secara Tepat

Tips Mengobati Flu
Mengobati Flu yang paling cepat, biasanya adalah dengan meminta resep obat kepada dokter. Dan ternyata banyak pasien yang kurang paham mengenai obat sebenarnya penyakit flu. Hal ini terbukti banyak diantara mereka meminta diresepkan obat antibiotik. Mereka menganggap penyakit akan lebih cepat sembuh, padahal sebenarnya influenza disebabkan oleh virus sehingga antibiotik tidak bermanfaat.

Dari sebuah penelitian, ditemukan, bahwa antivirus hanya diberikan pada 1 diantara 5 pasien yang mengalami influenza. Padahal sebenarnya obat Flu yang tepat adalah antivirus. Karena Antibiotik hanya diperlukan untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Para peneliti melakukan analisis pada ribuan rekam medis ribuan pasien dalam lima negara bagian. Dan ditemukan bahwa sebanyak 6.766 orang diketahui memiliki penyakit respirasi akut, sepertiga adalah influenza, namun hanya 15 % yang diresepkan obat antivirus, sedangkan 30 % masih diresepkan antibiotik. Padahal manfaat pengobatan penyakit Influenza seharusnya lebih dapat dirasakan pada pasien yang memperoleh resep obat antivirus. Pengobatan dengan antivirus juga tidak memiliki efek samping yang merugikan, sekaligus mengurangi kemungkinan dari kebutuhan antibiotik di waktu mendatang.

Penelitian tersebut juga menemukan, masih banyak dokter yang meresepkan antibiotik untuk pasien influenza. Padahal penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan pembentukan bakteri kebal antiobiotik sehingga bila benar-benar diperlukan, bakteri akan sulit diatasi oleh obat antibiotik.

Upaya penggunaan antibiotik yang rasional memang terus diusahakan, namun penggunaan yang tidak bijak bahkan masih umum diberikan kepada pasien influenza. Untuk ibu seharusnya dokter meresepkan obat antivirus, yang memiliki risiko minimal dalam pembentukan resistensi bakteri dalam tubuh.

Ringkasan:
  • Banyak dokter yang masih meresepkan antibiotik untuk pengobatan influenza,
  • Obat Antibiotik memicu efek samping, kekebalan virus lebih tinggi sehingga sulit disembuhkan,
  • Mengobati Flu secara Tepat adalah dengan obat antivirus bukan dengan antibiotik.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Tips Mengobati Flu secara Tepat"