Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi

Cara Membersihkan Telinga Bayi
Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi menjadi salah satu dari perawatan bayi yang cukup penting. Perawatan bayi sangat beragam, mulai dari perawatan yang berhubungan dengan semua organ bayi dan lingkungan buah hati. Semua bentuk perawatan harus dilakukan secara baik dan benar, sehingga pertumbuhan dan kesehatan bayi bisa maksimal.

Adapun Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi adalah perawatan bayi yang cukup sering dilakukan dan bahkan rutin dilakukan selain memotong kuku bayi. Adapun panduan membersihkan kotoran hidung dan telinga bayi yang benar adalah sebagai berikut:

Cara Membersihkan Telinga Bayi


Telinga bayi merupakan salah satu indra yang sangat sensitif sehingga membutuhkan cara yang tepat untuk perawatannya. Membersihkan telinga bayi harus dilakukan secara rutin, untuk menghindari penumpukan kotoran yang semakin keras dan mengganggu pendengaran bayi.

Membersihkan Telinga Bayi bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan dokter ahli THT. Apabila anda ingin membersihkan telinga bayi sendiri, tentu harus menghindari penggunaan obat apapun kecuali obat dengan resep dokter. Membersihkan telinga bayi, sebaiknya dilakukan dengan jadwal rutin, dan dilakukan setelah bayi mandi.

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan lekukan telinga luar menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan baby oil terlebih dahulu. Anda tidak perlu membersihkan kotoran telinga bagian dalam, karena kotoran telinga yang berada di dalam telingan akan berfungsi sebagai antiseptik dan akan keluar sendiri. Dan yang perlu anda bersihkan adalah, kotoran telinga yang memang telah keluar tersebut.

Cara Membersihkan Hidung Bayi


Membersihkan Hidung Bayi dilakukan untuk mencegah bayi kesulitan bernafas, atau saat bayi terserang flu, maka hidung bayi harus lebih sering dibersihkan, adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Gunakan cotton bud yang telah diberi air hangat, untuk membersihkan bagian luar lubang hidung bayi.
  • Apabila ada kotoran pada bagian dalam yang mendekati luar lubang hidung, anda bisa membersihkan dengan menggunakan cotton bud,
  • Lakukan gerakan memutar dari arah kiri ke kanan secara perlahan, untuk membersihkan kotoran hidung,
  • Hindari penggunaan kain yang kasar untuk mengeluarkan kotoran pada hidung bayi apalagi menggunakan jari atau kuku karena dapat melukai hidung buah hati,
  • Hindari membersihkan hidung bayi terlalu keras karena hidung bayi masih sangat sensitive,
  • Saat flu, hindari menghisap kedua lubang hidung bayi sekaligus, karena dapat mengakibatkan lendir naik ke telinga tengah dan memicu terjadinya infeksi. Atau anda juga bisa membersihkan lendir flu bayi dengan menggunakan alat baik yang elektrik maupun manual.
Cara-cara membersihkan kotoran telinga dan hidung pada bayi diatas tentu harus dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak melukai organ penting buah hati anda. Dengan perawatan yang tepat dan rutin, maka diharapkan buah hati anda akan merasa nyaman dan tentu tepat sehat.

Ringkasan:
  • Selain memotong kuku, membersihkan hidung dan telinga bayi harus dilakukan secara rutin dan dengan cara yang benar.
  • Cara Membersihkan Telinga Bayi, cukup dengan membersihkan lekukan telinga luar menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan baby oil,
  • Cara Membersihkan Hidung Bayi adalah dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hagat.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Cara Membersihkan Hidung dan Telinga Bayi"