Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Bayi Muntah Setelah Makan

Mengatasi Bayi Muntah Setelah Makan
Muntah pada Bayi adalah kondisi bayi yang mengeluarkan isi lambung secara ekspulsif dan umumnya lebih menyembur. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan diagnosis, seperti karena kondisi badan yang kurang sehat, infeksi virus atau bakteri, hingga penyakit yang memerlukan penanganan medis secara intensif.

Bayi muntah bisa menjadi tanda bayi menderita penyakit atau gangguan pencernaan, misalnya seperti muntah karena adanya sumbatan dapat dibedakan dengan muntah berupa semprotan dan tidak hanya menyembur akan tetapi material yang di muntahkan memiliki warna kehijauan.

Bayi Muntah Setelah Makan memang sering terjadi, bahkan beberapa bayi sebenarnya hanya mengalami gumoh saja. Gumoh, adalah suatu keadaan dimana bayi hanya mengeluarkan cairan dari mulut karena mungkin bayi telah kenyang atau waktu makan yang terlalu singkat sehingga bayi sulit menelan makanan.

Tips Menghentikan Muntah Pada Bayi


Menghentikan Muntah Pada Bayi memang tidak bisa dilakukan sepenuhnya, namun anda dapat meminimalkan jumlahnya. Saat bayi baru mulai mengenal makanan pendamping ASI, sebaiknya diberikan dengan porsi yang sedikit terlebih dahulu. Selanjutnya setelah makan, anda bisa menepuk-nepuk punggung anak agar bisa bersendawa terlebih dahulu.

Muntah Pada Bayi akan berkurang dan lama-kelamaan menghilang dengan bertambahnya usia bayi. Bagi anda yang sering mengalami anak muntah setelah makan, sebaiknya mengenali gejala lain. Hal ini tentu untuk untuk menghindari masalah kesehatan yang serius pada anak.

Apabila buah hati anda sering muntah (lebih dari 3 kali) setelah selesai makan, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Karena bisa saja, bayi mengalami penyakit tukak lambung, granitis atau akibat keracunan makanan yang biasanya terjadi 1-8 jam setelah makan.

Ringkasan:
  • Muntah pada Bayi ditandai dengan keluarnya isi lambung secara ekspulsif dan umumnya lebih menyembur,
  • Keluarnya cairan dari mulut bayi biasanya hanya disebut sebagai gumoh,
  • Mengatasi Bayi Muntah Setelah Makan dilakukan dengan memberikan makanan pada bayi dengan jumlah yang sedikit demi sedikit.

Post a Comment for "Mengatasi Bayi Muntah Setelah Makan"