Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buah-Buahan untuk Makanan Pendamping ASI

Buah untuk Bayi
Buah-Buahan untuk Makanan Pendamping ASI bisa mulai diberikan pada bayi usia 6 bulan, karena pada usia ini pencernaan bayi sudah cukup matang, untuk  mencerna buah. Yang perlu diperhatikan saat pemberian buah kepada bayi, adalah mempertimbangkan tekstur. Saat pertama kali mengenalkan buah, sebaiknya dimulai dengan pemberian buah dengan tekstur yang lembut, dan sebaiknya dihaluskan terlebih dahulu.

Pada usia 6 bulan, pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan sehingga pemberian buah sebagai makanan pendamping ASI, bisa dengan yang terasa manis terlebih dahulu. Kenalkan buah jenis buah yang sama selama satu minggu, dan apabila tidak mengalami masalah pencernaan (BAB tidak normal dan bayi tidak resel) maka buah tersebut bisa diberikan kembali.

Adapun 5 jenis buah-buahan yang baik diberikan pada tahap awal pemberian MPASI, adalah sebagai berikut:

1. Buah Pisang, mengandung fosfor, kalium, asam folat dan vitamin A yang baik untuk kesehatan bayi. Penyajian pisang untuk MPASI adalah dengan mengeruk daging buah pisang hingga lembut kemudian disuapkan kepada bayi. Pisang juga bisa dicampurkan dalam bubur atau pure sehingga menambah rasa dan tidak membuat bayi bosan.

2. Buah Jeruk, yang baik diberikan kepada bayi tentu jeruk yang manis, sehingga tidak mengganggu pencernaan bayi. Buah jeruk mengandung kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, serat dan asam folat yang baik untuk kesehatan bayi. Pemberian jeruk kepada bayi adalah dengan mengupas jeruk kemudian peras, dan berikan air jeruknya saja yang diberikan kepada bayi.

3. Buah Tomat, mengandung  kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan juga vitamin A. pemberian tomat, bisa dengan mencampurkannya ke dalam bubur sehingga didapatkan rasa yang berbeda.

4. Buah Pir, mengandung fosfor, kalium, kalsium dan vitamin C. Zat-zat tersebut baik untuk kesehatan bayi. Buah pir bisa disajikan dengan memotong kecil-kecil buah pir kemudian kukus sampai lunak. Setelah lunak anda bisa menghaluskannya dan berikan kepada buah hati anda.

5. Buah Apel, mengandung kalium, fosfor, megnesium, kalsium, vitamin A, vitamin C. Buah ini bisa disajikan sebagai Makanan Pendamping ASI denga cara mengukus atau merebusnya sampai lunak. Selanjutnya Bunda bisa menghaluskan dan berikan kepada buah hati anda.

Ringkasan:
  • Buah-buahan mengandung bayak gizi dan nutrisi yang baik untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi,
  • Pemberian buah sebagai makanan pendamping ASI bisa dimulai pada usia bayi 6 bulan,
  • Untuk buah dengan tekstur keras yang akan diberikan kepada bayi, bisa dikukus terlebih dahulu dan dihaluskan.

Post a Comment for "Buah-Buahan untuk Makanan Pendamping ASI"