Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 11 Bulan

MAPASI Bayi 11 bulan
Makanan Pendamping ASI memang boleh mulai diberikan pada usia bayi enam bulan, dengan tekstur yang bertahap, mulai dari lunak sampai yang agak kasar sampai kasar. Hal ini mengikuti dengan pertumbuhan motorik dan kemampuan pencernaan bayi. Pada usia enam bulan, sebaiknya bayi hanya diberikan bubur dan mulai usia 9 bulan, bayi bisa diberikan makanan yang dicincang yang lebih kasar

Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 11 Bulan bisa disesuaikan dengan perkembangan motorik bayi. Pada usia ini kaki bayi semakin kuat, dan biasanya akan mulai belajar berjalan. Pada usia 11 bulan, bayi membutuhkan energi sebesar 650 kkal yang bisa didapatkan dari menu makanan yang variatif dari nasi putih / nasi merah, kentang dan jagung.

Bayi pada usia ini juga sebaiknya mendapatkan asupan Protein yang berasal dari jenis ikan, unggas,telur atau makanan dengan protein nabati yaitu tahu, tempe dan kacang-kacangan. Bayi pada usia ini juga harus mengapatkan asupan kalsium, yang berasal dari sayuran hijau dan buah apel merah, pepaya, alpukat, kiwi dan pisang. Zat besi dibutuhkan untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi meski masih dalam jumlah yang sedikit dibanding dengan nutrisi lain.

Bayi berusia 11 bulan, biasanya sudah mulai tumbuh gigi, sehingga anda bisa memberikan buah dalam potongan kecil sebagai cemilan. Bunda juga bisa memasak sayur dengan potongan kecil (cincang kasar) yang tentu harus matang sempurna sehingga memudahkan bayi untuk mengunyah, hindari daging yang alot. Pemberian nasi tim bisa dengan porsi 11-12 sendok makan.

Resep Menu Makanan untuk Bayi umur 11 bulan

A.  Tim kentang Isi Ikan

Bahan: 50 gram kentang, 25 gram daging ikan kembung, cincang kasar, 50 gram tahu, 25 gram tomat, 25 gram wortel, 1 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh mentega, 500 ml air Cara Membuat Tim isi ikan adalah: Rebus kentang, ikan, dan tahu dengan 500 ml air. Setelah itu masukan tomat dan wortel, hingga sayuran matang. Setelah matang, tambahkan kecap dan mentega kemudian angkat, biarkan dingin dan siap diberikan kepada bayi.

B.  Cemilan Sehat untuk Bayi umur 11 bulan

Bahan: 1/2 buah pisang, 1/2 buah mangga, 400 ml jus jeruk, 1 sdm susu formula. Cara Pembuatan, adalah dengan memblender semua bahan tersebut sampai halus.

Nasi tim bisa diberikan kepada bayi tiga kali sehari pada waktu pagi, siang, dan sore. Sedangkan Cemilan bisa diberikan pada pukul 10.00 dan 15.00. Biskuit dan buah potong bisa diberikan sebagai cemilan untuk melatih gigi bayi yang mulai tumbuh.

Ringkasan:
  • Pemberian Makanan Pendamping ASI disesuaikan dengan perkembangan motorik dan kemampuan pencernaan bayi,
  • Pada usia 9 bulan, bayi sudah boleh diberikan makanan pendamping asi yang cukup kasar,
  • Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 11 Bulan harus memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisinya.

Post a Comment for "Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 11 Bulan"