Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Janin yang di Rasakan Ibu Hamil

Menghitung Gerakan Janin
Gerakan Janin di dalam rahim tentu sangat unik dan membuat takjub ibu hamil saat merasakannya. Seiring bertambahnya usia kehamilan, janin seakan memberikan tanda pada bunda mengenai ketidaksabarannya untuk lahir dan segera melihat wajah bunda. Di dalam rahim, gerakan janin yang bisa dirasakan bunda, tidak hanya menendang, namun juga berputar, bergoyang, bergeser, meninju atau mengalami cegukan.

Gerakan janin antara ibu satu dengan yang lain akan berbeda, hal ini biasanya dipengaruhi oleh barat badan ibu hamil. Bagi bunda yang memiliki badan kurus, akan lebih sering merasakan gerakan janin, sedangkan bunda gemuk akan lebih sulit merasakan gerakan janin di dalam kandungan. Adapun gerakan janin mulai bisa dirasakan pada usia 16-22 minggu.

Selain masalah berat badan, gerakan janin yang dirasakan bunda juga dipengaruhi oleh letak plasenta dan berapa kali sebelumnya bunda mengalami kehamilan. Saat bunda melakukan aktivitas sehari-hari, maka bisa membuat janin terbuai hingga tertidur. Namun pada saat bunda beristirahat, pada saat itu bunda bisa merasakan kegiatan janin di dalam kandungan.

Janin biasanya akan lebih aktif setelah bunda makan, hal ini karena kadar gula di dalam darah meningkat dan dapat memberikan energi bagi janin. Janin juga akan aktif ketika atau ketika bunda cemas, karena janin juga akan merasakan kecemasan. Berbeda ketika ibu sedang rileks, janin akan juga akan merasa seperti sedang terbangun.

Setelah kehamilan memasuki trimester 3 atau 7 bulan, dokter akan menganjurkan bunda untuk menghitung jumlah gerakan janin setiap hari. Cara ini bisa mudah dilakukan dengan memilih waktu yang tepat untuk merasakan tendangan janin, yaitu dengan cara duduk atau berbaring tenang pada satu sisi agar perhatian bunda tidak teralihkan. Untuk selanjutnya bunda bisa memulai menghitung, seluruh gerakan janin yang anda rasakan.

Apabila dalam waktu sekitar 1 jam, janin tidak juga melakukan 10 gerakan, bunda harus segera mengkonsumsi buah-buahan, berbaring atau berjalan-jalan, dengan tujuan untuk membangunkan janin di dalam kandungan. Apabila dalam waktu 2 jam gerakan janin kurang dari 10 gerakan maka segeralah konsultasikan pada dokter atau bidan untuk dilakukan pemeriksaan USG.

Ringkasan:
  • Gerakan janin yang bisa dirasakan ibu adalah menendang, berputar, bergeser, bergoyang, meninju atau cegukan,
  • Ibu Hamil kurus lebih mudah merasakan gerakan janin dibandingkan Ibu Hamil yang Gemuk,
  • Gerakan janin yang sehat adalah lebih dari 10 kali selama dua jam.

Post a Comment for "Gerakan Janin yang di Rasakan Ibu Hamil"