Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Faktor Penyebab Cacat Janin

Cara Mencegah Cacat Janin
Penyebab Cacat Janin perlu menjadi perhatian khusus, karena tentu kehamilan tentu menjadi sebuah momen yang membahagiakan bagi setiap pasangan suami istri. Semua pasangan suami istri tentu menginginkan buah hatinya dapat lahir ke dunia dengan normal dan sempurna tanpa memiliki kekurangan apapun. Untuk itu, menjaga dan memperhatikan kondisi kesehatan ibu hamil dan janin menjadi poin penting yang harus selalu dilakukan.

Beberapa faktor yang bisa membuat kecacatan bayi sejak di dalam kandungan, adalah sebagai berikut:
  1. Perokok Aktif Atau Pasif, berbahaya untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Zat kimia yang bersifat toxic pada rokok akan meingkatkan resiko IQ yang rendah dan berperilaku tidak baik pada anak. Sehingga tentu sebaiknya ibu hamil menghindari asap rokok.
  2. Konsumsi Makanan Cepat Saji secara Berlebihan, saat ini telah menjadi gaya hidup yang sulit dipisahkan dari masyarakat termasuk ibu hamil. Perlu anda ketahui bahwa makanan cepat saji mengandung zat aditif yang membuat ketagihan. Dan apabila ibu hamil terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, maka dapat memberikan dampak buruk terhadap perkembangan otak janin sehingga anak akan memiliki IQ yang lebih rendah dan hiperaktif.
  3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kafein, dapat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil termasuk kesehatan janin di dalam kandungan. Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi kafein meningkatkan resiko melahirkan anak dengan IQ lebih rendah dan hiperaktif, sehingga akan lebih sulit menerima pelajaran di sekolah.
  4. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Alkohol, bagi ibu hamil tentu sangat tidak baik. Karena selain mengganggu kesehatan dirinya, ibu hamil yang mengkonsumsi alkohol dpat menyebabkan cacat lahir pada janin. Selain itu Ibu Hamil yang sering mengkonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko melahirkan bayi mengalami kerusakan otak dan perkembangan janin dalam kandungan  terganggu.

Ringkasan:

Dari keempat penjelasan diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa faktor penyebab terbesar terhadap kecacatan janin dalam kandungan adalah dipengaruhi oleh gaya hidup yang buruk dan tidak beraturan. Sehingga bagi anda ibu hamil yang ingin janin di dalam kandungan tetap sehat, ubah gaya hidup dan mulai jalankan pola hidup sehat secepat mungkin.

Post a Comment for "4 Faktor Penyebab Cacat Janin"