Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Kosmetik untuk Ibu Hamil

Kesehatan Ibu Hamil
Kosmetik untuk Ibu Hamil sebaiknya perlu dipikirkan kembali, hal ini dikarenakan sebuah penelitian menemukan, adanya hubungan antara ibu hamil yang menggunakan alat kosmetik dengan IQ anak yang dilahirkan. Dimana ibu hamil yang sering menggunakan kosmetik dapat menghasilkan IQ lebih rendah, 6 hingga 7 poin dibandingkan anak yang dilahirkan dari ibu hamil yang tidak menggunakan kosmetik.

Penelitan yang dilakukan di Amerika Serikat yang diterbitkan dalam jurnal online Public Library of Science ONE, menemukan bahwa kosmetik yang digunakan ibu hamil kemungkinan terpapar bahan kimia phthalate yang digunakan pada plastik dari kosmetik yang digunakan. Mereka menyelidiki bahan kimia DnBP dan DiBP yang termasuk dalam golongan phthalate. Bahan kimia ini biasanya digunakan pada plastik cat kuku, lipstik, hairspray, dan bedak wajah.

Penurunan enam atau tujuh poin pada IQ  anak ini akan berdampak besar pada prestasi akademik, sehingga mulai saat ini sebaiknya anda mulai berhati-hati menggunakan kosmetik saat hamil. Penelitian lain juga menemukan bahwa paparan DnBP dan DiBP dapat mempengaruhi perkembangan mental dan motorik anak-anak serta meningkatkan resiko asma.

Bahan kimia phthalate biasa digunakan sebagai bahan dasar plastik untuk melunakkan PVC sehingga membuat plastik sesuai bentuk yang diinginkan. Bahan kimia ini biasanya digunakan dalam jumlah besar namun biasanya tidak tercantum pada label produk.

Phthalate dinilai dapat mengganggu sistem endokrin atau dikenal dengan Endocrine Disrupts Chemical (EDC) pada ibu hamil. Padahal endokrin merupakan sistem kontrol kelenjar tanpa saluran yang memproduksi hormon di tubuh manusia termasuk ibu hamil yang harus mensuplai makanan ke bayinya.

Selain pada kemasan kosmetik, phthalate juga terdapat pada wadah plastik lainnya, sehingga ibu hamil sebaiknya tidak memanaskan makanan dalam microwave dengan menggunakan wadah plastik, namun gunakanlah wadah kaca yang kuat. Untuk menghindari penggunaan wadah plastik, simpanlah makanan dalam toples kaca.

Setelah mengetahui Bahaya Kosmetik untuk Ibu Hamil tersebut diatas, bagi ibu hamil yang ingin tetap menggunakan kosmetik, harus untuk memastikan apakah alat kosmetiknya mengandung phthalate atau memilih alat kecantikan yang memang dikhususkan untuk ibu hamil.

Ringkasan:
  • Penggunaan Kosmetik pada Ibu Hamil bisa meningkatkan resiko IQ anak lebih rendah, perkembangan mental dan motorik terganggu dan meningkatkan resiko Asma pada anak,
  • Kosmetik dengan kemasan mengandung bahan kimia phthalate adalah kosmetik yang berbahaya,
  • Bahan kimia phthalate tidak hanya ditemukan pada kemasan kosmetik, namun juga produk dari plastik yang lain.

Post a Comment for "Bahaya Kosmetik untuk Ibu Hamil"