Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Implan Gigi untuk Mengatasi Gigi Ompong saat Dewasa

Implan Gigi Palsu
Gigi Ompong saat Dewasa memang tidak akan tumbuh lagi, berbeda ketika masih kecil yang akan tumbuh kembali. Untuk mengatasi hal ini, banyak yang mengganti gigi ompong dengan gigi palsu, baik yang bisa dilepas maupun permanen. Salah satu alternatif gigi palsu permanen, metode terbaru adalah dengan menggunakan implan gigi.

Kelebihan implan gigi, adalah stabilitas dan kenyamanan gigi palsu yang lebih maksimal.  Hal ini dikarenakan gigi palsu ditanam di dalam tulang rahang, berbeda dengan gigi palsu metode lain yang tidak di tanam di tulan rahang. Manfaat lain dari metode implant gigi adalah mempertahankan ketebalan tulang rahang. Karena apabila gigi ompong, maka lama kelamaan tulang rahang bisa menyusut sehingga bentuk wajah menjadi berubah.

Dengan implan gigi, keberadaan akar dari gigi palsu akan mempertahankan tulang rahang agar tidak terjadi resorbsi(menipis dan mengecil). Adapun Implan terbuat dari tiang logam (biasanya titanium), yang dipasang dalam tulang rahang di bawah jaringan gusi. Tiang ini akan menjadi jangkar yang stabil bagi gigi palsu dan mampu hingga 30 tahun. Pasien dengan Implan didi juga masih bisa menggigit dan mengunyah makanan dengan kemampuan mendekati seperti gigi asli.

Harga pemasangan implan gigi biasanya mencapai puluhan juta, dan prosedurnya bisa mencapai tiga bulan sebelum terjadinya proses penulangan dan gigi berfungsi optimal. Gigi implan juga harus tetal diperhatikan, karena apabila tidak bersih bisa memicu radang dan menyebabkan infeksi sehingga gigi palsu ini bisa terlepas.

Implan gigi memang mempunyai banyak kelebihan, namun apabila pasien memiliki penyakit sistemik yang tidak terkontrol seperti penyakit diabetes, akan menyebabkan angka keberhasilan pemasangan implan gigi lebih rendah.

Pasien diabetes mempunyai sistem imun yang rendah sehingga rentan terkena infeksi. Hal ini juga berlaku bagi pasien yang mempunyai riwayat  hipertensi dan penyakit jantung, yang harus dikonsultasikan dulu dengan dokter karena proses pemasangan implan perlu anestesi (pembiusan).

Ringkasan:
  • Gigi yang terlepas saat dewasa tidak akan menumbuhkan gigi baru seperti pada anak-anak,
  • Mengatasi gigi ompong bisa dilakukan dengan pemasangan gigi palsu yang bisa dilepas atau permanen,
  • Untuk gigi palsu permanen, sebaiknya menggunakan metode implant gigi karena mempunyai keuntungan lebih banyak.

Post a Comment for "Implan Gigi untuk Mengatasi Gigi Ompong saat Dewasa"