Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengingatkan Sepuluh Manfaat Bayam untuk Kesehatan



Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan
Bayam adalah salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang merupakan salah satu sayuran terbaik untuk Kesehatan tubuh manusia. Jenis Sayur ini memiliki banyak manfaat kesehatan dan nilai gizi. Karena dari 100 gram bayam yang anda konsumsi terdapat 2,3 gram protein; 3 gram besi; 81 gram kalsium dan 3,2 gram karbohidrat. Selain itu Bayam juga mengandung riboflavin, natrium, magnesium dan kalium.

Sayur bayam juga mengandung antioksidan esensial dan fitokimia berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit. Adapun dari beberapa penelitian didapatkan rangkuman sepuluh manfaat Bayam untuk kesehatan yang diantaranya adalah:

1. Bayam berfungsi untuk Mengurangi Resiko Kanker

Vitamin A, C, serat, asam folat dan 13 flavonoid yang berada dalam bayam bermanfaat untuk menekan pertumbuhan sel kanker dan menurunkan risiko kanker hingga 34% terutama pada kanker rahim, kanker payudara, kanker prostat, kanker perut dan kanker kulit.

2. Bayam Sebagai Sumber Anti-Inflamasi

Kandungan sifat alkalinitas yang tinggi pada bayam, membuat sayur ini pilihan tepat untuk penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid osteoarthritis dan arthritis.

3. Bayam dapat Mencegah Penyakit Jantung

Bayam mengandung folat yang tinggi, sehingga apabila anda rutin mengkonsumsi dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Hal ini akan mengurangi risiko penyakit jantung. Sayur ini juga mengandung choline dan inositol, yang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah pada tubuh manusia.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi Dengan Sayur Bayam

Bayam banyak mengandung kalium namun rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini bermanfaat untuk anda yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi. Folat yang berada dalam bayam juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, sehingga dapat mempertahankan kelancaran aliran darah.

5. Fungsi Bayam untuk Mengurangi Resiko Osteoporosis

Perlu anda ketahui bahwa minum Secangkir daun bayam segar sudah memenuhi 200% kebutuhan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini penting untuk pencegahan tulang keropos. Mineral lain seperti seng, magnesium, tembaga dan fosfor dalam bayam juga dapat memperkuat tulang. 

6. Mengurangi Resiko Diabetes dengan Bayam

Bayam berguna bagi orang yang menderita diabetes. Magnesium ditemukan dalam bayam ternyata membantu mencegah komplikasi pada pasien diabetes. Apabila pasien Diabetes mengkonsumsi rutin sayur bayam maka dapat membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.

7. Bayam untuk Mengurangi Resiko Anemia

Sayur Bayam adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam Mengurangi Resiko anemia. Zat ini  membantu memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh manusia.

8. Bayam dapat Mengobati Pendarahan Gusi

Jus bayam dan wortel dapat difungsikan untuk mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C dan konsumsi terlalu banyak gula halus.

9. Bayam dapat Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan lutein, karotenoid yang berada di dalam sayur Bayam dapat Mengurangi Resiko mata terhadap katarak. Bayam juga banyak mengandung vitamin A sehingga sangat bermanfaat untuk penglihatan.
10. Bayam Berguna Untuk Kesehatan Kulit
Kandungan Vitamin A yang tinggi dalam bayam memungkinkan untuk retensi kelembaban yang tepat di epidermis kulit. Hal ini memungkinkan sel kulit memerangi keratinisasi, psoriasis, jerawat dan Kulit Keriput.
Dari penjelasan diatas diketahui bahwa Sayur Bayam juga memiliki beragam perlindungan untuk tubuh. Sehingga Dengan mengkonsumsi sayur bayam, dapat memperkecil resiko terkena berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit yang mematikan seperti kanker. Sayur bayam juga merupakan salah satu makanan sehat untuk memenuhi Nutrisi Ibu Hamil, karena akan memberikan banyak manfaat untuk ibu dan Janin di dalam kandungan.
Ringkasan:
  • Bayam adalah jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk tubuh,
  • Kandungan beragam zat positif dalam bayam dapat Mengurangi reriko berbagai penyakit mematikan,

Post a Comment for "Mengingatkan Sepuluh Manfaat Bayam untuk Kesehatan"