Home » , , , , » Berat Badan Ibu Hamil yang Berlebih Memicu Penyakit Diabetes

Berat Badan Ibu Hamil yang Berlebih Memicu Penyakit Diabetes

Senam Ibu Hamil untuk Menjaga Berat Badan Ibu Hamil Ideal
Berat Badan Ibu Hamil yang Berlebih biasanya disebabkan karena asumsi makan saat hamil untuk memberikan nutrisi untuk dua manusia (ibu dan janin), sehingga menyebabkan Ibu Hamil cenderung makan berlebihan. Banyak diantara mereka menambah porsi makan hingga 2X lipat, ditambah dengan berbagai cemilan di waktu santainya. Padahal kenaikkan Berat Badan Ibu Hamil yang Ideal ada aturan atau rumusnya.

Standar Indeks Massa Tubuh Ibu Hamil

Berdasarkan standar yang ditentukan oleh  WHO, wanita dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) saat sebelum hamil kurang dari 18,5, diperbolehkan menambah berat badan 12,5 kg hingga 18 kg sampai sebelum proses persalinan. Sedangkan bagi wanita dengan IMT normal 18,5 hingga 22,9 diperbolehkan kenaikan berat badan 11,5 kg hingga 16 kg selama kehamilan.

Bagi anda yang sebelum hamil sudah mempunyai berat badan diatas IMT, 23 hingga 24,9, hanya boleh ada penambahan berat badan 6 kg hingga 11 kg. Namun bagi wanita obesitas dengan Indeks Massa Tubuh lebih dari 25 kg, berat badan yang boleh bertambah saat hamil hanya 6 kg.

Berat Badan Ibu Hamil yang bertambah melampaui standar yang ditetapkan oleh WHO tersebut akan mengalami masalah kesehatan saat kehamilan, seperti diabetes mellitus gestasional dan Preeklampsia. Dan tentu yang paling ditakutkan bagi wanita adalah berat badan yang akan sulit kembali ideal setelah melahirkan.

Tips Menjaga Kesehatan dan Berat Badan Ibu Hamil

Makanan Ibu Hamil yang harus diperhatikan bukan kuantitas, namun yang penting adalah nutrisi dan gizi yang terkandung didalamnya. Makanan yang paling baik dikonsumsi Ibu Hamil adalah buah dan sayur, disusul setelah itu adalah protein, kemudian karbohidrat, baru mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak.

Penyajian makanan tersebut juga harus diperhatikan, hal ini untuk menghindari bakteri dan virus yang berbahaya untuk kesehatan janin. Jenis Buah-buahan, boleh dimakan dengan bebas, namun sebaiknya dikupas terlebih dahulu. Sedangkan jenis sayur-sayuran harus dimasak agar organisme berbahaya seperti toksoplasma terbunuh. Makanan ini sebaiknya juga langsung dikonsumsi setelah dimasak, tanpa mendiamkannya selama berjam-jam.

Penyajian produk susu ibu hamil yang aman yaitu dengan melakukan proses pasteurisasi terlebih dahulu. Ibu hamil sebaiknya juga menghindari makanan-makanan mentah atau dimasak setengah matang. Hal tersebut untuk memastikan bersihnya makanan dari organisme yang membahayakan Kesehatan Ibu Hamil atau Janin. Beraktifitas normal, dan makan dengan cara tidak terburu-buru akan membantu Ibu Hamil menjaga Berat Badan tetap Ideal.

Ringkasan:
  • Berat Badan Ibu Hamil yang Berlebih meningkatkan resiko diabetes mellitus gestasional dan preeklamsia,
  • Wanita Obesitas sebelum hamil hanya diperbolehkan penambahan berat badan 6 kg saat hamil,
  • Lebih banyak mengkonsumsi Buah dan Sayuran menjadi cara mudah menjaga Berat badan Ibu Hamil agar tetap Ideal.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger