Bahaya Sayur Bayam karena Kesalahan saat Memasak


Advertisement

Racun pada Sayur Bayam
Bahaya Sayur Bayam bisa dipicu karena kesalahan anda ketika memasak. Memang efeknya tidak langsung terjadi seperti pada penderita keracunan makanan, karena efek sayur bayam muncul dalam waktu jangka panjang. Kesalahan memasak Sayur Bayam tersebut adalah, ketika anda memasaknya terlalu banyak, namun tidak langsung dihabiskan dan dimakan lagi setelah 5 jam setelah proses pemasakan.

Sayur Bayam memang terbukti memberikan banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Jenis Sayuran ini banyak mengandung vitamin, serat dan mineral yang tinggi. Sayur bayam juga akan menyumbang antioksidan, dan baik sebagai menu diet setelah persalinan karena membantu untuk menurunkan berat badan. Namun, apabila terlalu lama didiamkan setelah dimasak dan tidak langsung dikonsumsi, zat besi yang terkandung didalamnya akan berubah menjadi zat yang berbahaya untuk tubuh.

Selain tidak boleh dimakan setelah dimasak dalam jangka waktu yang lama, sayur bayam juga tidak boleh dikonsumsi setelah dipanaskan berulang-ulang. Hal ini dikarenakan terjadinya proses oksidasi antara udara dan zat besi yang ada pada sayur bayam. Ketika terlalu banyak bereaksi dengan udara, zat besi ini akan berubah menjadi senyawa Ferro bersifat racun (oksidan) dan berbahaya bagi tubuh dalam jangka waktu yang lama.

Sayur Bayam juga mengandung senyawa nitrat (NO3) dan apabila teroksidasi dengan udara akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang tentu juga bersifat racun untuk tubuh anda. Sampai saat ini memang tidak ada batasan waktu yang pasti mengenai berapa waktu yang aman untuk mengkonsumsi sayur bayam setelah dimasak. Namun ketika warna sayur bayam yang tadinya hijau berubah menjadi hitam, maka sayur ini tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Sebenarnya ketika pemasakan sayur bayam sampai pendinginan sebelum dikonsumsi, proses oksidasi dan biasanya akan berubah kehitaman setelah 4-5 jam setelah dimasak. Residu bahaya oksidasi sayur bayam akan terus menumpuk dan muncul setelah beberapa waktu yang memang cukup lam. Residu dalam tubuh ini memicu timbulnya penyakit Sianosis pada manusia. Sianosis adalah ketidakmampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen, yang menyebabkan seluruh jaringan tubuh terasa lemas karena kekurangan oksigen.

Setelah mengetahui Bahaya Sayur Bayam tersebut diatas, sebaiknya anda memasak sayur bayam tidak terlalu banyak dan hanya cukup untuk sekali makan. Hal tersebut tentu saja demi kesehatan jangka panjang anda.

Ringkasan:
  • Bahaya Sayur Bayam akan muncul setelah berwarna hitam setelah 4-5 jam dimasak atau dihangatkan berkali-kali,
  • Proses Oksidasi Zat besi dan anti oksidan yang terkandung pada sayur bayam dengan udara akan merubahnya menjadi racun,




Comments
0 Comments

0 comments:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger