Home » , , , , » Penyebab Cacat pada Janin karena Ibu Kekurangan Gizi

Penyebab Cacat pada Janin karena Ibu Kekurangan Gizi

Penyebab Cacat pada Janin atau bayi yang dilahirkan bisa disebabkan karena selama hamil, ibu kurang mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Ibu Hamil yang kekurangan asam folat biasanya akan melahirkan bayi yang mengalami cacat selubung saraf yang akhirnya menyebabkan kematian pada bayi, dan apabila hidup, bayi tersebut akan mengalami cacat yang berat.

Asam folat pada janin berperan penting dalam proses genetik saat di dalam kandungan. Asupan asam folat yang cukup akan mendukung proses pembentukan DNA bayi terjadi secara maksimal dan sempurna. Adapun bentuk kecacatan selubung saraf adalah, berupa spina bifida dan anensefali. Spina bifida adalah tidak tertutupnya selubung saraf tulang belakang secara sempurna, sedangkan Anensefali adalah pertumbuhan tengkorak kepala dan otak pada janin yang tidak sempurna.

Bayi yang lahir dengan kondisi cacat anensefali, biasanya akan meninggal dalam hitungan jam. Sedangkan bayi yang mengalami gangguan spina bifida berisiko tinggi menderita kelumpuhan, tidak mampu mengontrol buang air besar dan kecil dan akan sangat bergantung kepada orang lain dalam menjalani kehidupannya.

Ibu Hamil yang kekurangan zat seng juga beresiko tinggi melahirkan bayi yang mempunyai daya tahan tubuh lemah sehingga sangat mudah terserang berbagai penyakit. Sedangkan Ibu yang saat kehamilah menderita anemia, biasanya melahirkan bayi yang kekurangan zat besi, sehingga bayi tersebut kecerdasan bayi tersebut akan sulit berkembang.

Penyebab Autis pada bayi
Ibu hamil yang kurang mendapatkan vitamin dan mineral meningkatkan resiko melahirkan bayi yang mengalami autis. Vitamin dan mineral ini berperan penting dalam pembentukan otak dan jaringan saraf pada janin saat di kandungan dan menghindarkan Penyebab Cacat pada Janin.

Gangguan kesehatan bayi Autis ditandai dengan gejala gangguan komunikasi dan interaksi sosial disertai dengan keterbatasan minat dan imajinasi pada anak. Gangguan Autis tidak hanya disebabkan faktor psikologis, namun mengakibatkan gangguan pada perkembangan otak anak anda.

Kondisi kehidupan termasuk anak yang anda lahirkan memang sepenuhnya ditentukan oleh Tuhan, namun apabila anda berusaha yang terbaik untuk anak anda sejak berada didalam kandungan, tentu Tuhan juga akan memberikan yang terbaik untuk anak anda. Untuk menghindari Cacat pada Janin atau bayi yang dilahirkan, ibu hamil harus menjaga asupan gizi mulai ketika awal kehamilan sampai proses akan melahirkan.

Ibu Hamil juga harus memeriksa kesehatan secara rutin, sehingga apabila diketahui ada kandungan nutrisi yang kurang, bisa segera dilakukan intervensi dengan pemberian makanan atau suplemen hingga kekurangan tersebut segera terpenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang paling baik dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan alami yang mengandung banyak zat gizi. Pemenuhan satu jenis nutrisi biasanya terkait dengan kecukupan nutrisi jenis yang lain. Sebagai contoh, apabila anda mengkonsumsi asam folat yang tinggi tanpa asupan vitamin B6 dan B12, bisa meningkatkan kadar homosistein dalam darah sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke pada Janin.

Ringkasan:
  • Penyebab Cacat pada Janin atau bayi yang baru dilahirkan biasanya karena kurangnya asupan vitamin dan nutrisi saat didalam kandungan,
  • Kekurangan Vitamin dan mineral pada ibu hamil juga akan meningkatkan resiko autis pada anak yang dilahirkannya,
  • Pemenuhan Vitamin dan Nutrisi Ibu Hamil yang terbaik adalah dengan mengkonsumsi makanan alami bukan dari suplemen buatan pabrik.



Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger