Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahap Bukaan Jalan Lahir sebelum Persalinan

Gambar Persalinan Normal
Tahap Bukaan Jalan Lahir adalah Satuan Lebar jalan lahir, akan diawali dengan terjadinya kontraksi (Serangkaian kontraksi rahim yang terjadi secara teratur). Hal ini akan bertahap mendorong janin melalui rahim bagian bawah (Serviks) dan vagina. Kontraksi ini terjadi bertahap, menipis dan tertarik sampai hampir menyatu dengan rahim, sehingga memungkinkan janin dilahirkan melalui vagina. Kontraksi ini tidak berlangsung singkat, bahkan beberapa mulai dirasakan 2 minggu sebelum proses persalinan.

Adapun Proses persalinan terdiri dari rangkaian bukaan jalan lahir yang biasanya terjadi 12 -  14 jam (pada kehamilan pertama), dan 6 – 8 jam pada persalinan anak ke 2 dan seterusnya. Adapun tahapan bukaan terbagi menjadi 10, yang diantaranya adalah:

Tahap Bukaan 1

Bukaan Satu merujuk pada 1 cm lebar jalan lahir yang sudah terbuka. Pada tahap bukaan I, mulut rahim mulai melebar 1 cm. Ibu hamil akan mengalami rasa mulas di perut dan rasa nyeri pinggang, kadang juga diikuti keluarnya sedikit darah dari vagina.

Tahap Bukaan 2

Lebar bukaan di leher rahim mulai bertambah, biasanya Ibu Hamil akan merasakan kram, mirip kram saat awal menstruasi. Bahkan beberapa ibu yang akan melahirkan juga merasakan kembung, mual dan pusing.

Tahap Bukaan 3

Tahap Bukaan Tiga ditandai dengan kontraksi yang dirasakan, semakin sering. Jeda waktu antar kontraksi yang dirasakan adalah 30 menit hingga 1 jam.

Tahap Bukaan 4

Mulut rahim pada Bukaan empat akan semakin tipis, dan biasanya pelindung air ketuban mulai pecah, sehingga air ketuban keluar melalui vagina.

Tahap Bukaan 5


Pada bukaan lima, posisi janin biasanya melintang dari pinggul menuju rongga panggul, sehingga menyebabkan calon ibu mengalami rasa dii bagian pinggang belakang.

Tahap Bukaan 6


Ibu Hamil mengalami kontraksi antara tiga hingga lima menit sekali.

Tahap Bukaan 7


Pada bukaan Ke tujuh, posisi kepala bayi sudah ada di bibir rahim.

Tahap Bukaan 8


Proses Pesalinan Tahap delapan Ibu hamil akan mengalami tekanan di bawah punggung, sebab posisi kepala bayi sudah semakin keluar di bibir rahim.

Tahap Bukaan 9


Pada Bukaan sembilan, kepala bayi sudah mulai kelihatan, di saat tahapan bukaan inilah Ibu mengalami rasa sakit persalinan yang paling tinggi.

Tahap Bukaan 10


Tekanan pada otot panggul memicu Ibu dalam proses persalinan untuk mengejan. Lakukan mengejan sesuai dengan petunjuk tenaga medis yang membantu proses persalinan. Karena apabila anda salah mengejan, sangat berisiko melukai jalan lahir anda. Dan setelah beberapa kali mengejan, buah hati anda telah sempurna dating ke dunia.
Gambar Tahap Bukaan Jalan Lahir



Ringkasan:
  • Tahap Bukaan Jalan Lahir adalah Satuan Lebar jalan lahir saat proses persalinan dengan angka 1 sampai 10,
  • Pada Tahap Bukaan 9 Bayi sudah mulai terlihat, dan dengan beberapa kali mengejan bayi anda telah terlahir.

Post a Comment for "Tahap Bukaan Jalan Lahir sebelum Persalinan"