Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mempercepat Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan

Tips Mengembalikan Kesuburan Setelah Persalinan
Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan dengan tanda wanita mendapatkan siklus menstruasi kembali. Dan pada masa ini, wanita akan mengalami banyak perubahan pasca persalinan. Misalnya, panjang siklus menstruasi dan aliran jika dibandingkan dengan gejala yang menyertai periode sebelum kehamilan.

Perbedaan kembalinya siklus menstruasi pasca melahirkan ini lebih sering diakibatkan oleh perubahan hormon. Dan biasanya hal ini terjadi setelah 56 hari setelah melahirkan. Pendarahan pertama ini merupakan bagian dari proses pemulihan masa subur wanita pasca-melahirkan dan tidak dihitung sebagai menstruasi.

Saat mengalami Siklus Menstruasi pertama kali setelah persalinan tersebut, biasanya wanita juga mengalami gejala PMS (muntah dan pusing yang akan pulih tampa harus dengan obat). Selain masalah hormon, menyusui juga menjadi faktor menentukan periode haid anda setelah persalinan.

Hal tersebut terjadi karena ketika Anda sedang menyusui dipengaruhi oleh kelenjar hipofisis yang mengeluarkan hormon prolaktin. Hormon ini merangsang produksi susu, dan menekan ovulasi, sehingga mungkin menyebabkan siklus menstruasi wanita tidak teratur selama menyusui.

Meskipun tubuh anda mulai berfungsi normal dalam beberapa bulan setelah persalinan, namun biasanya diperlukan beberapa waktu untuk kembali pada periode siklus menstruasi  yang semula. Hal ini  juga dipengaruhi oleh adanya  perubahan gaya hidup sehingga seorang wanita lebih cepat mendapatkan masa subur setelah persalinan.

Bagi anda yang ingin lebih cepat mendapatkan kesuburan setelah persalinan, maka harus melakukan diet seimbang yang mengandung semua nutrisi penting dan mineral, melakukan latihan ringan, mengkonsumsi banyak air, jus buah dan sayur, istirahat tidur yang cukup, hindari paparan asap  merokok dan konsumsi alkohol.

Stres atau rasa khawatir mengenai siklus menstruasi juga sering menjadi penyebab Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan menjadi mundur, dan apabila siklus menstruasi tidak juga anda dapatkan setelah satu tahun atau anda mengalami pendarahan hebat, segera konsultasikan kepada Dokter Kandungan Kepercayaan anda.

Ringkasan:
  • Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan ditandai dengan kembalinya siklus menstruasi.
  • Siklus Menstruasi setelah Melahirkan didapatkan setelah 4 minggu, 6 bulan bahkan satu tahun.

Post a Comment for "Tips Mempercepat Masa Subur Wanita Setelah Melahirkan"