Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencegah Kehamilan Setelah Persalinan

Tips Mencegah Kehamilan Setelah Persalinan
Jarak Kehamilan Terlalu Dekat bahkan belum ada satu tahun sangat mungkin terjadi. Hal ini juga berlaku untuk ibu yang memberikan ASI secara eksklusif, bukan jaminan seorang wanita sulit hamil. Karena pada kenyataannya meski menyusui dapat mengurangi resiko hamil, namun beberapa wanita, proses ovulasi bisa terjadi lagi dalam 25-27 hari setelah persalinan.

Kesehatan fisik pada ibu yang hamil lagi setelah melahirkan memang bisa diminimalisir namun masalah psikologi ibu akan lebih sulit dikontrol. Saat melahirkan sebelumnya, ibu telah mengalami kelelahan mental dan apabila terjadi kehamilan lagi maka ibu akan tertekan.

Untuk menghindari kehamilan yang tidak direncanakan setelah melahirkan penggunaan alat kontrasepsi sudah harus dilakukan setelah 3 minggu melahirkan. Wanita yang menyusui memang bisa mencegah kehamilan. Untuk itu pemilihan alat kontrasepsi memang sebaiknya telah direncanakan saat melahirkan, sehingga kosentrasi saat persalinan dan saat mengurus anak tidak terganggu lagi.

Dalam penelitian yang dianalisis oleh Dr Jackson dan Dr Anna Glasier menemukan bahwa rata-rata Kesuburan Wanita Setelah  Hamil antara 45-94 hari setelah melahirkan, namun ada juga yang mulai subur lagi ketika 25-27 hari setelah melahirkan.

Alat kontrasepsi yang aman untuk ibu manyusui memang bukanlah pil kontrasepsi dengan estrogen. Hal ini dikarenakan dapat berpotensi menimbulkan risiko seperti pertumbuhan bayi lebih lambat. Pilihan lain yang aman dilakukan biasanya adalah Alat Kontrasepsi IUD / Spiral atau penggunaan kondom. Penggunaan kondom juga disarankan untuk wanita yang dahulu mendapatkan kehamilan dengan Promil yang cukup lama. Hal ini agar untuk mendapatkan kehamilan yang kedua lebih mudah.

Menyusui memang menjadi pekerjaan yang tidak mudah dan tidak sedikit wanita yang memilih untuk beristirahat menyusui atau bahkan menghentikan pemberian ASI lebih awal tidak sampai dua tahun. Hal tersebut perlu diperhatikan, karena dengan tidak menyusui bayi maka kesuburan anda akan lebih cepat kembali.

Mengatur jarak kehamilan setelah persalinan juga penting dilakukan bagi wanita yang melakukan persalinan secara caesar. Karena apabila terjadi kehamilan yang terlalu dekat, maka kulit perut bekas operasi caesar belum tebal dan masih sangat rawan robek.

Jarak ideal Kehamilan pada wanita yang melakukan operasi caesar adalah minimal 2 tahun. Pada waktu ini bahkan sudah memungkinkan proses persalinan berikutnya dengan cara persalinan normal. Dan apabila terjadi kehamilan sebelum 2 tahun, maka resiko tertinggi untuk persalinan selanjutnya adalah juga dengan operasi caesar.

Ringkasan:

  • Jarak Kehamilan Terlalu Dekat dapat menimbulkan tekanan mental pada ibu menyusui,
  • Masa Subur Wanita setelah Hamil bisa terjadi setelah 25-27 hari setelah persalinan,
  • Pemberian ASI Eksklusif dapat menurunkan resiko terjadinya kehamilan setelah persalinan.

Post a Comment for "Tips Mencegah Kehamilan Setelah Persalinan "