Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat untuk Kesehatan Ibu Hamil
Kesehatan Ibu Hamil sangat penting untuk dijaga, karena juga akan berpengaruh terhadap kesehatan janin di dalam Rahim. Janin sangat butuh nutrisi penting untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan otak dan tubuh. Bahkan banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa pertumbuhan otak yang paling besar adalah pada 2 tahun pertama kehidupannya termasuk saat di dalam ramih ibu hamil. Adapun lima makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, adalah sebagai berikut:

Daging Merah

Protein yang berada dalam daging merah sangat dibutuhkan ibu hamil untuk sintesis albumin. Albumin ini berfungsi menarik cairan pada pembuluh darah dan mengeluarkannya dari jaringan tersebut. Karena apabila pembuluh darah terlalu banyak mengandung cairan maka akan menyebabkan edema (pembengkakan) di kaki, tangan, dan wajah Ibu Hamil. Selain Daging merah, jenis makanan sehat yang mengandung protein tinggi adalah kedelai, almond, kacang, lentil, dan quinoa.

Garam 

Bumbu dapur ini mampu menyeimbangkan volume dan fungsi darah dan cairan ketuban yang melindungi janin di dalam rahim.  Adapun Ciri garam sehat adalah memiliki warna, seperti garam gunung (mountain salt ), garam laut (seasalt ), atau garam hitam, dengan takaran setengah sendok teh per hari untuk ibu hamil.

Air 

Ibu Hamil membutuhkan cairan lebih banyak air terutama yang mengandung elektrolit dan tidak mengandung banyak gula. Minuman elektrolit yang sehat sebaiknya juga memiliki unsur kalsium, magnesium, kalium, dan sodium. Keempat Nutrisi ini akan membantu menjaga air dalam aliran darah ibu hamil. Air Kelapa Muda cukup untuk memenuhi kebutuhan ini.

Kubis

Kubis atau kale adalah sayuran hijau atau ungu yang berfungsi untuk meningkatkan tenaga listrik gizi yang sarat dengan vitamin K, vitamin C, Vitamin A, kalsium dan zat besi. Makanan sehat ini akan membantu rahim menjadi lebih kuat dan antihemorrhagic a. Mengkonsumsi Kubis bisa mentah atau matang dengan pengolahan yang anda sukai.

Alpukat 

Kandungan folat dalam alpukat yang tinggi dapat membantu ibu hamil untuk mencegah gangguan tabung saraf dan spina bifida saat awal kehamilan.  Alpukat juga mengandung banyak lemak (baik) dan beberapa vitamin serta mineral, termasuk vitamin K, vitamin E, vitamin C, vitamin B6, dan B5, magnesium, kalium, karotenoid, lutein, folat, dan serat.  Konsumsi diawal kehamilan juga dapat  mengurangi mual atau Morning Snacks.

Ringkasan:
  • Pertumbuhan otak dan tubuh janin dapat maksimal dengan mencukupkan makanan sehat pada ibu hamil,
  • Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang sebaiknya dikonsumsi adalah Daging merah, Garam, Air, Kubis dan Alpukat.

Post a Comment for "5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil"