Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Wanita Tidak Mengalami Haid

Penyebab Wanita Tidak Mengalami Haid
Wanita Tidak Mengalami Haid dalam ilmu kedokteran dikenal dengan Istilah Amenorea. Hal tersebut memang normal, apabila terjadi pada masa wanita sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan setelah memasuki masa menopause. Namun apabila terjadi pada kondisi diluar itu, tentu akan menjadi Penyebab Wanita Sulit Hamil. Amenorea terbagi menjadi Amenorea sekunder (tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus menstruasi) dan Amenorea primer (keadaan tidak haid pada wanita usia 16 tahun dan terjadi pada 0.1 – 2.5% wanita usia reproduksi Amenorea sekunder).

Adapun Penyebab Amenorea adalah sebagai berikut:
  • Pubertas yang terlambat,
  • Kegagalan dari fungsi indung telur,
  • Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina),
  • Gangguan pada susunan saraf pusat,
  • Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah haid dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal,
Penyebab terbanyak dari amenorea sekunder adalah kehamilan, setelah kehamilan, menyusui, dan penggunaan metode kontrasepsi disingkirkan, sehingga penyebab lainnya adalah:
  • Wanita mengalami Stress dan Depresi,
  • Kekurangan nutrisi, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan dan obesitas,
  • Terjadinya gangguan hipotalamus dan hipofisis,
  • Terjadinya gangguan indung telur,
  • Konsumsi Obat-obatan,
  • Menderita Penyakit kronik dan Sindrom Asherman,
Pengobatan Amenerea

Apabila didapatkan adanya perkembangan seksual sekunder pada penderita amenorea primer, maka diperlukan pemeriksaan organ dalam reproduksi (indung telur, rahim, perlekatan dalam rahim) melalui pemeriksaan USG, histeroskopi, histerosalpingografi, dan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Namun apabila tidak didapatkan tanda-tanda tersebut diperlukan pemeriksaan kadar hormon FSH dan LH, untuk selanjutnya dilakukan tindakan medis.

Pengobatan Amenerea yang disebabkan karena obesitas juga bisa dilakukan dengan diet dan olahraga. Mengatasi stress dan menurunkan aktivitas fisik yang berlebih juga dapat membantu mengatasi gangguan Amenerea pada wanita. Terapi amenorea diklasifikasikan berdasarkan penyebab saluran reproduksi atas dan bawah, penyebab indung telur, dan penyebab susunan saraf pusat pada wanita.

A. Wanita Tidak Mengalami Haid Karena Gangguan di Saluran reproduksi
  1. Penggumpalan bibir labia (Aglutinasi labia) yang dapat diterapi dengan krim estrogen,
  2. Adanya kelainan bawaan dari vagina, seperti selaput dara tidak memiliki lubang, vagina memiliki pembatas diantaranya), bisa diatasi dengan insisi atau eksisi (operasi kecil)
  3. Terjadi sindrom Mayer-Rokitansky-Kuster-Hauser adalah gangguan yang terjadi pada wanita yang memiliki indung telur normal namun tidak memiliki rahim dan vagina atau memiliki kedua organ reproduksi tersebut namun kecil atau mengerut. Terapi untuk penyembuhan dilakukan dengan terapi non-bedah berupa dilatasi (pelebaran) dari tonjolan di tempat seharusnya vagina berada atau terapi bedah dengan membuat vagina baru menggunakan metode skin graft.
  4. Parut pada endometrium (lapisan rahim) atau perlekatan intrauterine (dalam rahim) disebut sebagai sindrom Asherman dapat terjadi karena tindakan kuret, operasi Caesar, miomektomi (operasi pengambilan mioma rahim), atau tuberkulosis. Gangguan ini dapat dilihat dengan melihat rahim dengan menggunakan foto roentgen dengan kontras. Dan untuk pengobatan gangguan ini, bisa dilakukan dengan operasi pengambilan jaringan parut dan pemberian dosis estrogen setelah operasi.
B. Wanita Tidak Mengalami Haid Karena Gangguan Indung Telur
  1. Disgenesis gonadal. Disgenesis gonadal adalah tidak terdapatnya sel telur dengan indung telur yang digantikan oleh jaringan parut. Terapi yang dilakukan dengan terapi penggantian hormon pertumbuhan dan hormon seksual
  2. Gangguan hipofisis karena adanya tumor atau peradangan dapat mengakibatkan amenorea. Terapi dengan menggunakan agonis dopamin dapat menormalkan kadar prolaktin dalam tubuh sehingga kesuburan wanita kembali normal. sedangkan Sindrom Sheehan adalah tidak efisiennya fungsi hipofisis, yang bisa diobati dengan penggantian hormon agonis dopamin atau terapi bedah berupa pengangkatan tumor.
  3. Gangguan hipotalamus yang disebabkan karena Sindrom polikistik ovari, gangguan fungsi tiroid, dan Sindrom Cushing. Pengobatan bisa dilakukan sesuai dengan penyebab dari hipotalamus,
  4. Hipogonadotropik, hipogonadism disebabkan karena adanya kelainan organik dan kelainan fungsional (anoreksia nervosa atau bulimia), yang bisa diobati dengan bantuan psikiater
Dari pembahasan diatas, menekankan kepada anda bahwa Wanita Tidak Mengalami Haid bisa disebabkan oleh beberapa hal. Dan dari masing-masing penyebab bisa dilakukan penyembuhan agar kesuburan wanita bisa didapatkan kembali. Kesuburan wanita tentu sangat berpengaruh untuk terjadinya kehamilan dan memperpanjang generasi anda.

Ringkasan:
  • Wanita Tidak Mengalami Haid dalam istilah medis dikenal sebagai Amenorea Sekunder dan Amenorea Primer,
  • Amenorea Sekunder dan Amenorea Primer akan mengganggu kesuburan wanita yang memungkinkan wanita untuk hamil,
  • Gangguan Amenorea bisa diobati dengan terapi atau pembedahan (Operasi).

Post a Comment for "Penyebab Wanita Tidak Mengalami Haid"