Home » , , , » Tips Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan Tepat

Tips Menjaga Kesehatan Jantung dengan Makanan Tepat

Tips Menjaga Kesehatan Jantung
Kesehatan Jantung harus selalu terjaga, hal ini dikarenakan jantung merupaan organ terpenting dalam tubuh. Perlu anda ketahui bahwa Kasus kematian nomor satu di seluruh dunia disebabkan karena penyakit jantung. Sehingga menjaga kesehatan jantung sangat penting dan harus dilakukan sejak dini, yaitu dengan berolah raga secara teratur, tidak merokok, menghindari stres dan mengkonsumsi beragam nutrisi penting yang dibutuhkan untuk jantung. Adapun beberapa macam makanan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, adalah sebagai berikut:
  1. Oat Meal, adalah makanan yang mengandung asam lemak omega 3, mineral, asam folat potasium dan tinggi serat berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menjaga saluran arteri jantung tetap bersih, sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.
  2. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan menjaga kelancaran aliran darah dalam tubuh. Mengkonsumsi 2 porsi Ikan salmon dalam satu minggu dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung.
  3. Alpukat, adalah buah yang banyak mengandung lemak nabati (asam lemak tak jenuh), yang berfungsi meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.
  4. Bayam mengandung lutein, folat, potasium dan serat tinggi, yang berfungsi untuk membantu detak jantung dalam kondisi terbaik.
  5. Kedelai mengandung sedikit lemak jenuh sehingga mampu menekan kolesterol jahat, dan protein pada kedelai dapat menurunkan trigliserida, sehingga membantu mencegah penyakit kardiovaskular dan menjaga jantung tetap sehat. Protein pada kedelai juga baik untuk penderita kolesterol tinggi karena protein pada kedelai banyak mengandung lemak poliunsaturated, vitamin, mineral dan serat.
  6. Coklat Murni diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan trigliserida. Kakao sebagai bahan dasar coklat juga mengandung antiseptik fenol, yang dapat menghindarkan pembuluh darah dari penyumbatan. Hindari konsumsi berlebihan coklat yang sudah dalam bentuk milk chocolate karena sudah banyak mengandung pemanis dan susu full cream.
  7. Jeruk Flavanon (subkategori flavanoid) mengandung antioksidan aktif yang mampu menurukan LDL dan meningkatkan HDL sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.
  8. Apel, mengandung banyak flavonol atau yang disebut quercetin. Zat ini efektif untuk mencegah pembekuan darah dan merupakan sumber vitamin dan serat yang sangat berguna untuk kesehatan jantung.
Ringkasan:
  • Penyakit Jantung menjadi penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di seluruh dunia,
  • Kondisi kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL) yang seimbang akan menurunkan resiko penyakit jantung,
  • Makanan Sehat untuk menjaga kesehatan jantung adalah Oat Meal, Ikan salmon, Alpukat, Bayam, Kedelai, Coklat Murni, Jeruk Flavanondan Apel.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger