Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Pencegahan Penyakit Meningitis Terampuh

tips pencegahan penyakit meningitis
Penyakit Meningitis atau Radang selaput otak adalah sebuah gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya infeksi pada lapisan otak atau urat syaraf tulang belakang. Banyak orang menganggap penyakit Meningitis tidak bisa disembuhkan, namun beberapa Dokter mengatakan bahwa penyakit ini masih bisa di sembuhkan apabila diagnnosa tidak telat dilakukan. Penyakit ini memang dikatakan berbahaya karena apabila tidak segera diatasi bisa terjadi pembengkakan otak, kecacatan permanen, koma, gangguan mental, lumpuh hingga dapat mengakibatkan kematian.

Kasus Olga Syahputra yang Sakit Meningitis dan sampai saat ini ini belum sembuh mungkin saja diagnosa Olga terlambat, karena dirinya lebih percaya pengobatan non medis. Sampai saat ini kondisi kesehatan Olga Syahputra masih belum diketahui secara pasti perkembangannya, bahkan kabar terakhir Olga disuntik agar koma.

Penyakit meningitis terbagi menjadi tiga macam yaitu; viral meningitis (disebabkan oleh virus dan masih tergolong ringan), bacterial meningitis (Meningitis tergolong berat), dan meningitis triptokokus (disebabkan oleh jamur triptokokus).


Gejala Meningitis

Adapun gejala meningitis baik itu pada anak-anak atau orang dewasa adalah demam, sakit kepala yang berkepanjangan, kekakuan otot leher, kejang perut, fungsi penglihatan terganggu dan mudah silau, dan rasa mual yang tidak hilang dalam waktu lama. Apabila anda mengalami tanda-tanda gangguan kesehatan seperti diatas, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Penangan terhadap penyakit meningitis ini cukup akurat dan pasien akan diberikan antibiotik sesuai dengan bakteri penyebab Meningitis tersebut.


Penularan Meningitis

Karena Penyakit Meningitis di sebabkan oleh mikroorganisme, bakteri, virus maupun jamur maka akan sangat mudah menular. Dan penularan bisa saja melalui ingus dan cairan ludah ketika bersin, bicara, tertawa, batuk dan terhirup oleh orang di sekitar pasien. Hal ini mengharuskan pemakaian masker baik bagi penderita maupun orang-orang disekitarnya untuk mencegah penularan meningitis.


Pencegahan Meningitis

Karena Penyebab penyakit ini adalah bakteri, virus atau jamur dan bisa menular lewat udara, maka pencegahan meningitis bisa dilakukan dengan menerapkan prilaku hidup sehat dengan contoh; menjaga kebersihan tangan, kebersihan area peternakan unggas, menjaga daya tahan tubuh, kebersihan arena bermain anak, menutup mulut jika bersin ataupun batuk, cuci tangan dan imunisasi.

Agar pasien meningitis tidak separah yang diderita oleh olga syahputra, maka saat anda mengalami gejala-gejala Meningitis segera lakukan pemeriksaan ke dokter, untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan secara dini.

Ringkasan:
  • Penyakit Meningitis apabila tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian,
  • Olga Syahputra menderita Meningitis berat mungkin karena penanganan yang kurang cepat,
  • Pencegahan penyakit meningitis terampuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan pemeriksaan dokter sedini mungkin.

Post a Comment for "Tips Pencegahan Penyakit Meningitis Terampuh"