Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aktivitas Janin di Dalam Kandungan Ibu Hamil

Aktivitas Janin di Dalam Kandungan
Aktivitas Janin di Dalam Kandungan memang belum diketahui secara pasti, hanya gerakan saja yang bisa dirasakan oleh Ibu Hamil. Mungkin anda anda hanya bisa mengira-ngira buah hati anda di dalam kandungan sedang bagaimana dan berbuat apa? Janin di dalam kandungan merupakan pribadi yang mempunyai person, keunikan dan keajaiban tersendiri dalam aktivitas kehidupan di dalam rahim.

Dan dengan perkembangan teknologi kesehatan, gerakan janin bisa ditangkap melalui Alat USG baik itu 2D, 3D atau yang terbaru yaitu Teknologi USG 4D. jadi apa saja sebenarnya Aktivitas Janin di Dalam Kandungan Ibu Hamil, bisa anda ketahui berdasarkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:

Kapan Janin mulai bisa  menghisap dan mencecap rasa?

Perkembangan Janin usia 16 minggu adalah sudah mulai berpetualang dengan kemampuannya untuk mencecap rasa air ketuban dan mulutnya melakukan gerakan menghisap. Pada usia ini kecerdasan awal bagi janin untuk menikmati sensasi rasa mulai berkembang.

Apakah di dalam kandungan janin sudah bisa mendengar?

Pada usia kehamilan enam bulan atau 24 minggu, janin sudah mampu mendengar segala aktivitas dalam tubuh ibu menjadi irama nada indah untuk janin. Janin bisa mendengar detak jantung ibu, suara bising usus, dan berbagai macam suara saat janin bermain air ketuban. Pada usia ini ibu bisa member rangsangan positif melalui suara dari luar tubuh, dengan menjaga setiap ucapan, hindari pertengkaran dan suara keras antara suami istri, sehingga janin tidak mengalami stres.

Kapan janin mulai bisa melihat cahaya?

Pertumbuhan Janin Usia 4 bulan adalah janin sudah peka terhadap cahaya, bahkan saat di suasana gelap, janin mampu membedakan cahaya terang saat ada rangsang cahaya dari luar tubuh ibunya. Hal ini bisa dibuktikan dengan memberikan sorot cahaya dengan menyinari perut ibu hamil dan tampak mata janin mengerjap saat cahaya diarahkan ke wajahnya (di USG), atau melakukan gerakan menghindari sumber cahaya tersebut.

Kapan janin mulai bisa menggunakan indra peraba?

Pada usia kehamilan 4 - 5 bulan janin sudah bisa merasakan sensasi permukaan tubuh dan kulitnya. Sehingga saat perut ibu hamil disentuh maka janin akan ikut merasakan usapan tersebut.

Apa janin sudah mengalami stress?

Apabila seorang ibu hamil mengalami ketegangan mental dan tekanan psikologis, maka janin di dalam kandungan juga dapat terpengaruh. Hal ini dapat dirasakan dengan Janin melakukan gerakan berlebihan, mudah timbul his atau kram yang disebut dengan kontraksi pada rahim ibu. Bahkan apabila Ibu Hamil mengalami stress dapat meningkatkan resiko kelahiran prematur maupun ketuban pecah sebelum waktunya.

Aktivitas Ibu Hamil yang Baik untuk Pertumbuhan Janin di dalam Kandungan:
  • Menerima dengan ikhlas perubahan tubuh saat masa kehamilan.
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan kegiatan yang tidak melelahkan, dan mencukupkan makanan bergizi untuk ibu hamil.
  • Menjaga suasana hati dan pikiran yang tenang saat hamil.
  • Menjaga hubungan harmonis antara suami dan istri, dan hindari kekerasan dalam rumah tangga.
  • Memberikan rangsangan musik yang lembut pada dinding perut ibu, terutama lantunan doa, dan mengajak ngobrol bayi dengan cara mendekatkan mulut dan mengusap lembut ke perut ibu hamil.
Ringkasan:
  • Aktivitas Janin di dalam kandungan bisa sedikit diketahui melalui USG 4D dan memperhatikan gerakan-gerakannya,
  • Janin mulai bisa menghisap dan mencecap rasa pada usia 16 minggu dan mendengarkan suara pada usia 24 minggu,
  • Janin bisa membedakan cahaya dan menggunakan indra peraba pada usia 4 bulan,
Bersama: +KOMPAS.com , +Kompas TV , +detikcom , +Detikplus , +VIVA

Post a Comment for "Aktivitas Janin di Dalam Kandungan Ibu Hamil"