Minuman Sehat untuk Ibu Hamil

Tips Kesehatan Ibu Hamil
Ibu Hamil pasti sudah tahu bahwa ibu hamil membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dibandingkan ketika sebelum hamil. Hal ini tentu dikarenakan ada janin yang juga harus diberi asupan nutrisi, termasuk cairan yang cukup selain ibu hamil tentunya. Namun, meski kebutuhan cairan lebih banyak, bukan berarti semua minuman yang biasa dikonsumsi sebelum hamil boleh dikonsumsi.

Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi tentu yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, yang diantaranya adalah:
  • Air putih, bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh ibu hamil dan disarankan minimal mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter perhari atau 8 gelas. Hal ini bertujuan ibu hamil tidak mengalami dehidrasi.
  • Susu Ibu Hamil, menjadi sumber vitamin D dan kalsium terbaik yang dibutuhkan untuk memaksimalkan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Kebutuhan kalsium ibu hamil meningkat, sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsi susu 2 gelas per hari. Susu Ibu Hamil yang dijual dipasaran sudah diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama hamil dan apapun mereknya kandungan nutrisi hampir sama.
  • Segelas jus buah, dapat melengkapi kebutuhan vitamin ibu hamil. Salah satu jus buah yang disarankan jus delima (pomegranate), karena banyak mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mengurangi risiko janin cacat. Mengkonsumsi jus delima juga  membantu ibu hamil terhindar dari anemia, karena asam folat membantu pembentukan sel darah merah. 

Pantangan Minuman untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui janin minuman yang sebaiknya diperbanyak saat hamil, ada beberapa minuman yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, yang diantaranya adalah:
  • Kopi, karena mengandung kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung ibu hamil. Kafein juga memicu terjadinya iritasi lambung dan menjadikan ibu hamil lebih sering buang air kecil, sehingga mungkin saja vitamin C dan vitamin B terbuang bersama air seni.
  • Softdrink, karena hampir semua minuman sofdrink mengandung soda, zat kimia dan kafein. Kalri yang terdapat pada softdrink dapat membuat perut ibu hamil, terasa lebih cepat kenyang sehingga memicu ibu hamil malas makan dan akhirnya kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil tidak tercukupi.
  • Minuman Beralkohol, wajib dijauhi ibu hamil karena meningkatkan resiko kecacatan pada janin. Minuman beralkohol juga tidak memiliki manfaat apapun bagi ibu hamil karena tidak mengandung zat-zat yang dibutuhkan janin atau ibu hamil. 
Selain tiga jenis minuman di atas, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya juga dihindari ibu hamil, seperti teh, minuman instan, dan minuman suplemen. Dengan memperhatikan apa yang akan ibu hamil minum, diharapkan kondisi anda dan janin sehat dan sempurna sampai proses persalinan.

Ringkasan:
  • Minuman Sehat untuk Ibu Hamil yang disarankan adalah Air Putih, Susu Ibu Hamil, dan Jus Buah Delima,
  • Pantangan Minuman untuk Ibu Hamil diantaranya Kopi, Softdrink dan Minuman Beralkohol,
  • Dengan terpenuhinya nutrisi dan gizi ibu hamil melalui makanan dan minuman sehat maka kondisi ibu hamil dan janin akan maksimal.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger