Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Berenang untuk Bayi

Tips Berenang untuk Bayi
Berenang untuk Bayi saat ini sedang menjadi trend baru di indonesia, bahkan beberapa rumah sakit atau bidan mulai menawarkan jasa untuk kegiatan ini. Anak-anak memang menyukai berenang dan bermain air, bahkan berdasarkan penelitian diketahui dengan Berenang dapat melatih motorik dan kecerdasan bayi. Berenang untuk bayi juga membuatnya lebih nyaman dan bayi tidak rewel.

Manfaat Berenang untuk Bayi yang lain adalah melatih keberanian anak sejak dini, sehingga ketika sudah dewasa dia akan terbiasa dengan olahraga air dan mampu menguasai rasa takut dengan kedalaman air. Berenang untuk Bayi juga bermanfaat untuk mengasah kemandirian dan percaya diri anak, membantu pertumbuhan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi terhadap serangan berbagai penyakit yang sering menyerang karena daya tahan tubuh yang lemah.

Selain untuk kesehatan, berenang untuk bayi juga dapat rasa kasih sayang dan kekompakan orangtua dan anak. Dengan berenang dapat melatih anak untuk beradaptasi dan bersosialisasi sejak masih balita. Hal ini dikarenakan, biasanya di kolam renang juga ada orang tua lain yang mengajak bayi untuk berenang, sehingga bayi bisa mengenal teman-teman seusia.

Tips Keamanan Berenang untuk bayi


Setelah mengetahui, banyaknya manfaat Berenang untuk Bayi, anda harus mengetahui faktor keamanan saat berenang, sehingga tidak menimbulkan resiko bahaya pada bayi saat berenang. Adapun beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut:
  • Lakukan latihan berenang bertahap sesuai umur dan perkembangan bayi, dan Berenang untuk bayi bisa dimulai pada usia 3 bulan, yang dilakukan pada bak kecil berair hangat dan diberikan pelampung pada badannya. Berlatih renang pada usia ini, harus mendapatkan pengawasan dari tenaga ahli.
  • Beberapa orang tua juga memilih mulai mengajarkan berenang saat usia bayi 6 bulan. Pada usia ini biasanya bayi sudah mulai bisa duduk tegak, dan bisa menggunakan bak renang yang lebih besar.
  • Pilihlah kolam renang atau jasa tempat berenang bayi yang selalu menjaga kebersihan, airnya jernih, tidak terlalu dingin, tempat renang tidak terlalu panas karena sinar matahari dan tidak terlalu ramai, dan tidak terlalu panas karena sinar matahari. 
  • Untuk keamanan bayi saat berenang, gunakan pelampung bayi seperti Neck Ring, dengan ukuran dan tekanan angin yang tepat.
  • Latih bayi untuk menggerak-gerakkan kaki dan tangan, dan pastikan jangan sampai kepala terbenam dalam air.
  • Lama berenang untuk bayi, tidak boleh lebih dari 20 menit, atau akhiri ketika bayi sudah mulai menggigil atau kulitnya menjadi putih keriput.
  • Setelah berenang mandikan bayi dengan air hangat bersih dan oleskan minyak penghangat tubuh, pakaikan baju hangat dan berikan ASI.
Agar didapatkan hasil yang maksimal, berenang untuk Bayi bisa dilakukan satu bulan sekali. Dan apabila dilakukan dengan benar dan rutin, manfaat yang dijanjikan dengan berenang tentu bisa anda dapatkan. Tidak perlu pelit untuk kesehatan bayi, karena biasanya biaya berenang untuk bayi hanya sekitar Rp 20.000 saja.

Ringkasan:
  • Berenang untuk bayi mulai menjadi trend baru perawatan bayi selain pijat bayi,
  • Manfaat Berenang untuk Bayi adalah meningkatkan perkembangan motorik, kecerdasan, rasa percaya diri, dan meningkatkan kekebalan tubuh bayi,
  • Berenang untuk Bayi bisa dimulai pada suai 3 bulan dan dengan pengawasan tenaga ahli.
Video Berenang Bayi Usia 3 Bulan:



Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Manfaat Berenang untuk Bayi"