Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengecilkan Perut Buncit Berat Badan Ideal

Mengecilkan Perut Buncit Berat Badan Ideal
Mengecilkan Perut Buncit Pria Kurus menjadi problema yang dialami oleh seorang pemuda bernama Oki di aceh. Pria berusia 26 tahun ini mempunyai tinggi badan 170 cm dan berat badan hanya 57 kg. Tubuh Oki kecil bahkan cenderung kurus, namun untuk bagian perut yang cukup buncit dan juga pipi saya tembam. Oki telah melakukan pemeriksaan dan dinyatakan tidak cacingan.

Apabila melihat data diatas, maka bisa disimpulkan bahwa Oki tidak mempunyai kelainan metabolisme atau penyakit lain yang menggangu pencernaan, sehingga kemungkinan terbesar yang menyebabkan Perut Buncit adalah karena adanya ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran energi, dan belum melakukan aktivitas fisik secara maksimal.

Berdasarkan perhitungan Indeks Masa Tubuh, sebenarnya Oki termasuk dalam kategori Berat Badan Normal. Dari data berat badan dan tinggi badan didapatkan IMT (indeks masa tubuh) sekitar 19,7 kg/m2, dan hal tersebut masuk dalam kriteria BB normal (IMT=18.5-22.9). Sehingga tentu dirinya tidak perlu khawatir, meski secara fisik dari data BB 57kg dan TB lihat kurus dan tinggi. Permasalahan yang sebenarnya harus diatasi adalah masalah perut buncit.

Dan untuk mengetahui apakah Oki termasuk dalam sindroma perut buncit atau tidak, dapat dilakukan pengukuran lingkar pinggang. Adapun caranya adalah dengan menggunakan meteran lalu dilingkarkan setinggi pusat dan catat angka yang ditunjukkan. Batas normal perut yang tidak buncit, apabila didapatkan hasil ukuran < 90 cm.

Untuk mengecilkan perut buncit bisa dilakukan dengan olahraga seperti sit up untuk mempertebal massa otot. Hal ini bertujuan untuk membentuk tubuh Oki tampak lebih ber-isi dan tentunya lebih ideal karena penumpukan lemak pada perut dan bagian tubuh lain akan dibakar. Adapun agar hasil maksimal, maka Oki perlu mengkonsumsi dengan diet 2250 kkal dengan contoh menu diet adalah sebagai berikut:
  • Menu Diet Sarapan berupa susu low fat 200 ml dan 1 potong roti,
  • Menu Snack pagi berupa risoles rougut dan 1 potong  sayuran, 
  • Menu Makan siang berupa nasi 150 g + ayam bumbu kuning 100 g + tahu bumbu bali 60g dan cah labu siam wortel 100g ,
  • Menu Snack sore adalah salad buah dan sayur (lettuce, apel, melon, nanas, papaya) saus yoghurt 150 g,
  • Menu Makan malam adalah nasi 150g + gindara teriyaki 90g + tempe bumbu kari 50g dan sup 3 warna 100g
  • Menu Snack malam adalah susu low fat 1 gelas dan krakers 2 keping
Dengan memperhatikan menu diet sehat dan olahraga yang rutin, diharapkan perut buncit Oki dapat diatasi. Dan bentuk tubuh yang ideal bisa tercapai. Kesehatan bisa dilihat dari bentuk fisik yang ideal dan terawat.

Ringkasan:
  • Beberapa orang yang tinggi akan merasa kurus padahal mempunyai berat badan dengan IMT yang Ideal,
  • Perut buncit sering disebabkan karena kurangnya aktivitas olehraga yang bisa membentuk masa otot,
  • Menu diet untuk mengecilkan perut dibagi dalam Sarapan, snack pagi, makan siang, snack siang, makan malam dan snack malam.

Post a Comment for "Tips Mengecilkan Perut Buncit Berat Badan Ideal"