Home » , , , » Tips Mengkonsumsi Suplemen agar Hasil Lebih Maksimal

Tips Mengkonsumsi Suplemen agar Hasil Lebih Maksimal

Cara Mengkonsumsi Suplemen
Mengkonsumsi Suplemen banyak dipilih, karena lebih efisien dan tidak membutuhkan banyak waktu. Hal ini tentu menjadi pilihan, bagi orang yang ingin mendapatkan tubuh sehat dan tidak mudah sakit, namun tidak sempat atau tidak suka makan berbagai jenis sayur dan buah. Meski tentu sebenarnya yang alami adalah yang paling baik.

Kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari suplemen atau bioavailability yang di konsumsi, akan mempengaruhi berguna atau tidaknya suplemen yang dikonsumsi. Hal ini dikarena ada beberapa nutrisi yang memang harus dikonsumsi secara spesifik. Sebagai contoh, apabila anda mengonsumsi suplemen atau makanan tertentu tapi tidak dalam bentuk yang seharusnya dikonsumsi, maka manfaatnya tidak akan dapat dirasakan.

Agar mengkonsumsi suplemen benar-benar didapatkan manfaatnya, maka ada beberapa tips saat mengkonsumsinya, yang diantaranya adalah:
  • Mineral (zinc, magnesium, dan zat besi) memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari membuat hormon hingga mengatur detak jantung. Sifat dari mineral adalah anorganik (ada keterbatasan tubuh untuk menyerap dan menggunakannya). Dan agar mineral dapat diserap tubuh secara maksimal, pertimbangkan untuk melakukan terapi khelasi atau infus.
  • Vitamin B, terutama folat, B6, dan B12, bagi sebagian orang yang kesulitan mengaktifkan agar bisa digunakan tubuh. Sehingga agar dapat maksimal vitamin B6, dibutuhkan co-enzim P5P.
  • Suplemen kalsium sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Apabila anda mengonsumsi kalsium 1000 mg dalam satu kali minum, tubuh tidak akan bisa menyerapnya. Karena tubuh hanya dapat menyerap kalsium kurang dari 500 mg dalam satu waktu, sehingga mengkonsumsinya harus dibagi-bagi. Hal ini juga termasuk pada suplemen vitamin C, padahal sebenarnya tubuh akan berhenti menyerap vitamin C apabila tidak dibutuhkan, dan akan dibuang melalui urin.
  • Apa yang dikonsumsi bersama dengan suplemen sangat berpengaruh. Sebagai contoh, apabila meminum suplemen zat besi bersama dengan kopi atau teh, maka hasil penyerapan oleh tubuh tidak akan maksimal.
  • Vitamin yang dikonsumsi akan percuma apabila tidak bisa dipecah tubuh dengan sempurna. Hal ini berarti, untuk pil gel dibutuhkan waktu 15 menit untuk dipecah dan sedangkan untuk tablet membutuhkan waktu waktu 45 menit.
  • Perhatikan kemasan suplemen yang Anda beli, apabila hanya tertulis vitamin A, D, atau E saja, tanpa penjelasan bentuknya, maka produk tidak baik. Maka pilihlah produk supplement yang juga menjelaskan bioavialibility dari masing-masing vitamin.

Ringkasan:
  • Suplemen multivitamin manjadi alternative mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh bagi orang sibuk,
  • Mengkonsumsi Multivitamin yang tepat harus memperhatikan, waktu, jenis dan bentuk suplemen.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger