Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan

Tanda-Tanda akan Melahirkan
Ibu Hamil yang sebelumnya pernah melahirkan pun biasanya bingung untuk mendeskripsikan apa saja tanda akan melahirkan. Tidak jarang ibu hamil telah bergegas ke rumah sakit untuk melahirkan, namun sampai di rumah sakit oleh dokter disuruh kembali pulang karena memang waktu melahirkan belum saatnya. Banyaknya tanda awal kelahiran yang begitu mudah disalah artikan menjadi penyebab kesalahan prediksi waktu persalinan.

Agar Ibu Hamil dan suami tidak terlalu cemas dan bingung, sebaiknya anda mengetahui 5 Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan, yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Ketuban Pecah, dengan ciri cairan yang keluar tidak terlalu banyak atau tidak mengalir deras, hal ini dikarenakan apabila waktu kelahiran telah tiba, maka kepala bayi akan mencegah air ketuban keluar dalam jumlah banyak. 80% wanita akan melahirkan dalam waktu sekitar 12 jam setelah ketuban pecah. Dan apabila bayi tidak lahir setelah lebih dari 12 setelah ketuban pecah, maka perlu induksi untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi dan keracunan pada janin. 
  2. Kontraksi yang Kuat dan Berulang terjadi terus menerus sampai bayi dilahirkan. Rasa sakit menjelang persalinan normal tidak berkurang bahkan cenderung bertambah sebelum buah hati anda benar-benar dilahirkan. Sehingga apabila kontraksi yang anda rasakan hanya sejenak lalu hilang dengan sendirinya, maka mungkin bukan pertanda untuk persalinan. Kontraksi menjelang persalinan dirasakan seolah-olah ada sabuk ketat yang mengikat mulai dari area punggung dan menyebar hingga ke bagian depan perut ibu hamil. 
  3. Ada Bercak yang Keluar dari Miss V, dikarenakan pembuluh darah serviks pecah ketika terbuka. Apabila bercak darah ini telah terjadi, maka proses kelahiran bisa terjadi dalam waktu beberapa jam, hari, atau minggu kemudian. Hal ini dikarenakan bercak darah hanya menjadi tanda bahwa serviks mengalami perubahan.
  4. Mengalami Diare, dikarenakan adanya zat prostaglandin yang menstimulasi isi perut dan menyebabkan seringnya buang air besar. Pada dasarnya, zat prostaglandin berguna untuk membuat uterus kontraksi dan melunakkan serta melebarkan serviks menjelang persalinan,
  5. Rasa Sakit yang Amat Sangat di Bagian Punggung, yang jauh lebih parah dibandingkan sakit punggung selama kehamilan.
Dengan mengetahui tanda ibu hamil akan segera melahirkan, maka anda bisa dan mendapatkan penanganan yang tepat saat saat proses persalinan normal. Dan tentu apabila memang telah mendekati hari perkiraan lahir, sebaiknya ibu hamil selalu berada dengan orang terdekat dan siap apabila ada kondisi darurat menjelang persalinan.

Ringkasan:
  • Tanda persalinan yang beragam bisa membingungkan ibu hamil untuk pergi kerumah sakit,
  • Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan adalah Ketuban Pecah, Kontraksi yang Kuat, dan Berulang, Ada Bercak, Mengalami Diare dan Rasa Sakit Berlebihan.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "5 Tanda Ibu Hamil Akan Segera Melahirkan"