Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Senam Nifas Setelah Persalinan

Tips Senam Nifas Setelah Persalinan
Senam nifas adalah gerak sederhana yang dilakukan setelah persalinan agar ibu lebih nyaman dan melemaskan otot-otot tubuh pasca persalinan. Senam nifas bisa dimulai enam jam setelah persalinan, yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Senam ini dapat memperlancar peredaran darah dan mempercepat bersihnya darah nifas.

Sama seperti melakukan senam hamil yang banyak manfaatnya, senam nifas juga memberikan banyak manfaat pasca persalinan. Namun agar manfaat senam nifas didapatkan secara maksimal metodenya harus tepat , dan anda bisa melakukan gerakan-gerakan senam nifas dibawah ini:

Senam Nifas Setelah Persalinan Normal, dapat dilakukan sejak hari pertama bahkan sejak Anda mulai merasa kuat untuk melakukannya. Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan senam nifas setelah proses persalinan normal adalah:
  • Melatih pernapasan dengan posisi berbaring telentang.
  • Kontraksikan otot pantat sebelum duduk.
  • Saat akan duduk, pilih dasar kursi yang kuat dan tidak terlalu empuk (agar bisa menahan otot panggul).
  • Ibu setelah persalinan sebaiknya tidak duduk atau berdiri terlalu lama.
  • Untuk selanjutnya anda bisa memulai dengan melakukan senam kegel. Anda tidak perlu khawatir dengan jahitan di vagina, karena senam nifas justru menguatkan otot-otot di sekitar vagina dan mempercepat penyembuhan luka atau ketegangan saat persalinan.
Senam Nifas setelah Persalinan Caesar, bisa dilakukan dengan Kegiatan ringan yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi paru-paru, meningkatkan otot kandung kemih dan usus besar pasca pembiusan saat operasi caesar. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat latihan senam nifas setelah persalinan caesar adalah;

Jangan melakukan latihan fisik, bahkan hanya sekedar mencoba mengangkat kepala ketika berbaring terlentang, sehingga dikhawatirkan dapat menarik otot-oto perut. Untuk selanjutnya anda bisa menggerakkan ujung jari kaki dan tumit sedikit demi sedikit. Latihan senam nifas ini sudah cukup di minggu pertama setelah persalinan caesar.

Saat akan bangun dari posisi tidur, miringkan tubuh ke kanan terlebih dahulu, lalu tekuk kaki kiri serta letakkan tangan kiri ke tempat tidur dan bangun perlahan dengan kedua tangan menyangga.

Ringkasan:
  • Senam Nifas dapat meregangkan otot-otot pasca persalinan, melancarkan peredaran darah dan mempercepat bersihnya darah nifas,
  • Gerakan Senam Nifas dibedakan berdasarkan proses persalinan yang dilakukan.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Gerakan Senam Nifas Setelah Persalinan"