Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Senam Nifas Setelah Persalinan

Tips Senam Nifas Setelah Persalinan
Senam Nifas Setelah Persalinan dapat membantu anda yang kurang percaya diri dengan penampilan, karena ketidaknyamanan dalam menyesuaikan perubahan yang terjadi setelah persalinan. Adapun Senam Nifas adalah latihan gerak yang dilakukan untuk memberikan kenyamanan pada otot-otot tubuh, dan bisa dimulai enam jam setelah persalinan yang dilakukan bertahap dan berkelanjutan.

Senam nifas akan memberikan kenyamanan dalam bentuk fisik, memberikan kelancaran dalam proses pengembalian rahim ke bentuk semula, membantu mempercepat kembalinya kondisi tubuh setelah persalinan dan mencegah beberapa komplikasi setelah persalinan. Senam Nifas juga bermanfaat memperbaiki sirkulasi darah setelah persalinan. Namun tentu senam nifas hanya bisa dilakukan pada ibu yang mempunyai kondisi yang sehat, tidak mengalami kelainan pada masa hamil maupun persalinan.

Senam nifas untuk persalinan normal dapat dilakukan pada hari pertama setelah persalinan dengan melatih pernapasan dengan tujuan melancarkan peredaran darah, sehingga organ tubuh akan kembali pulih setelah persalinan. Senam nifas untuk persalinan normal perlu memperhatikan kontraksi otot panggul sebelum duduk, dan saat duduk pilih dasar kursi yang kuat dan agak keras dengan tujuan dapat menahan otot panggul. Saat duduk dan berdiri anda tidak boleh terlalu lama. Senam Nifas yang paling mudah adalah dengan melakukan senam kegel, karena selain bermanfaat gerakan ini aman dilakukan tanpa takut jahitan. Dengan senam kegel, dapat menguatkan otot otot sekitar vagina dan mempercepat penyembuhan jalan lahir.

Sedangkan Manfaat Senam Nifas untuk Persalinan Caesar adalah dapat membantu meningkatkan kekuatan otot kandung kemih dan usus besar. Namun untuk melakukan latihan fisik senam nifas tentu harus dengan seizin dokter. Untuk persalinan caesar, senam nifas bisa dimulai setelah minggu pertama setelah  persalinan. Anda harus memperhatikan posisi bangun dari tidur, yang harus sangat perlahan lahan, dan untuk mengurangi rasa sakit  bisa dengan menempelkan bantal kecil.

Selain bermanfaat terhadap kebugaran tubuh, Senam nifas juga dapat mengurangi infeksi yang terjadi pada involusi uterus, yang diakibatkan ada sisa darah yang tidak dapat keluar sehingga mengurangi resiko pendarahan abnormal dan menghindari pembekuan darah yang menyumbat vena. Senam Nifas bisa dilakukan di klinik persalinan saat anda bersalin dan selanjutnya dapat melakukannya dirumah anda untuk tetap menjaga kesehatan setelah persalinan yang berkelanjutan.

Ringkasan:

  • Senam nifas dapat memberikan kenyamanan dan rasa rileks setelah persalinan,
  • Salah satu gerakan senam nifas yang paling sederhana adalah melakukan senam kegel,

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Manfaat Senam Nifas Setelah Persalinan"