Bahaya Kucing terhadap Kesehatan Ibu Hamil

Bahaya Penyakit Toksoplasmosis  terhadap Ibu Hamil
Kesehatan Ibu Hamil memang harus dijaga dengan serius, hal ini karena Kesehatannya berkaitan erat dengan kesehatan janin di dalam kandungan. Salah satu yang harus diwaspadai saat hamil adalah penyakit Toksoplasmosis yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma Gondii. Gejala Infeksi ini adalah flu, kelelahan, radang tenggorokan, demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyakit Toksoplasmosis membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan, karena dapat memicu terjadinya keguguran. Parasit Toxoplasma Gondii biasaya dibawa oleh Kucing, dan hidup di dalam usus dan dikeluarkan melalui kotorannya. Kucing yang paling banyak terkena parasit ini adalah kucing liar, yang tertularkan saat memakan tikus yang terkontaminasi. Parasit Toxoplasma Gondii dapat menular ke Ibu hamil saat Bersentuhan atau membuang kotoran kucing.

Parasit Toxoplasma Gondii juga dapat ditularkan melalui daging mentah atau sayuran yang tidak dicuci akan terlebih dahulu. Hal ini tentu harus menjadi perhatian, karena selain memicu keguguran, ibu hamil yang menderita penyakit toksoplasmosis juga akan menyebabkan cacat bawaan, kerusakan pada mata, otak, atau masalah lainnya pada janin.

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan terhindar dari Parasit Toxoplasma Gondii adalah sebagai berikut:
  • Ibu Hamil sebaiknya tidak bersentuhan atau membuang kotoran kucing, dan apabila terpaksa melakukannya, maka gunakan gunakan sarung tangan dan masker selanjutnya cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Meminta orang untuk membersihkan kandang kucing secara teratur akan menghindarkan anda dari kemungkinan resiko infeksi Parasit Toxoplasma Gondii.
  • Apabila anda memelihara kucing, perhatikan makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai kucing mengkonsumsi daging mentah (terutama tikus) sehingga kucing kesayangan anda terhindar dari Parasit Toxoplasma Gondii.
  • Jauhkan kucing yang anda pelihara dari ruangan keluarga atau ruangan pribadi (ruang kerja dan kamar tidur). Waspadai penyebaran toksoplasmosis melalui lingkungan luar, seperti halaman atau taman yang menjadi tempat bermain kucing.
  • Jangan merawat kucing baru yang berasal dari kucing liar selama hamil, karena jenis kucing ini sangat berisiko tinggi terkena Parasit Toxoplasma Gondii.
  • Saat selesai beraktifitas dan akan mengkonsumsi makanan cucilah tangan menggunakan sabun ketika anda selesai melakukan aktifitas. 
Ringkasan:
  • Penyakit yang sering mengancam Kesehatan Ibu Hamil adalah Toksoplasmosis,
  • Penyakit Toksoplasmosis disebabkan karena Infeksi Parasit Toxoplasma Gondii yang dibawa oleh kucing, dari daging mentah dan sayuran,
  • Bahaya Penyakit Toksoplasmosis terhadap Kesehatan Ibu Hamil adalah memicu keguguran, kecacatan, kerusakan pada mata dan otak bayi yang dilahirkan.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger