Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengenalkan Finger Food untuk Bayi

Mengenalkan Finger Food untuk Bayi
Finger food adalah jenis makanan yang dapat dipegang oleh bayi sendiri dengan tujuan melatih kemampuan makan sendiri untuk bayi. Memang biasanya pada tahap awal, bayi cukup kesulitan untuk menghabiskan porsi makannya, namun tentu lama kelamaan akan terbiasa dan mampu menghabiskan Finger Food yang anda berikan.

Jenis makanan untuk Finger Food, sebaiknya yang berukuran kecil seukuran jari tangan sehingga memudahkan bayi untuk memakan makanan tersebut tanpa bantuan orang lain. Finger food tidak hanya sebagai makanan dan gizi tambahan. Hal ini mengharuskan orang tua pintar dalam memilih finger food yang tepat.

Adapun  beberapa tips untuk memilih finger food yang sehat untuk buah hati adalah sebagai berikut:
  • Mengenalkan pola makan keluarga dengan cara mengajak bayi duduk bersama di meja makan, kemudian mengenalkan beberapa makanan yang dapat dipegang bayi secara mudah. Salah satu finger food yang sehat adalah buah dengan tekstur yang disesuaikan dengan usia bayi dan dipotong kecil. 
  • Memberikan makanan yang mudah lumer di mulut, seperti buah pepaya, semangka atau beberapa jenis sayuran yang dimasak lebih matang agar mudah dikunyah dan ditelan bayi.
  • Potongan makanan disesuaikan dengan tekstur makanan yang diberikan. Sebagai contoh, sepotong apel tentu harus lebih kecil dibandingkan sepotong semangka, dengan tujuan agar apel lebih mudah untuk dihancurkan.
  • Hindari finger food yang membuat bayi tersedak, seperti potongan sayuran mentah atau buah-buahan dengan tekstur keras, kismis, buah kering, jenis kacang-kacangan, dan biji-bijian, selai kacang, biji mentega, potongan keju, daging, permen keras, popcorn, keripik jagung, permen karet dan makanan ringan lain yang mempunyai teksture keras.
  • Jangan memberikan Finger food yang tidak sehat seperti permen atau coklat yang mengandung gula tinggi. 
Saat mengenalkan Finger food kepada bayi, jangan terburu-buru memaksakan porsi makanan yang anda berikan habis semua. Hal ini sangat wajar, bahkan beberapa bayi hanya akan memainkan Finger food yang anda berikan. Pada kesempatan ini anda sebagai orang tua bertugas mengarahkan agar bayi anda mengetahui cara makan sendiri secara baik dan benar.

Ringkasan:
  • Finger Food adalah makanan yang bisa dipegang sendiri oleh bayi dan bisa diperkenalkan pada saat usia 9 bulan,
  • Finger food yang bisa anda berikan seperti buah-buahan atau biskuit yang mempunyai tekstur tidak terlalu keras.

Post a Comment for "Cara Mengenalkan Finger Food untuk Bayi"