Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesalahan saat Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Mengatasi Anak Susah Makan sering menjadi masalah untuk para orang tua. Dan yang paling umum terjadi adalah anak-anak yang sering menolak untuk mengkonsumsi sayuran. Untuk mengatasi hal ini, tentu para orang tua terus melakukan berbagai usaha agar buah hatinya mau mengkonsumsi beragam jenis makanan yang lebih sehat dan bergizi.

Yang perlu diperhatikan saat Mengatasi Anak Susah Makan adalah, harus tetap berhati-hati sehingga tidak memberikan dampak buruk terhadap perkembangan anak. Para orang tua harus menghindari beberapa kesalahan saat menghadapi anak yang susah makan, sehingga dapat memberikan efek baik kepada anak di masa mendatang.

Adapun Kesalahan saat Mengatasi Anak Susah Makan yang sering terjadi adalah sebagai berikut:

Hanya Menyajikan Makanan yang Disukai Anak

Saat Anak sulit makan, biasanya orang tua hanya akan memberikan makanan yang memang anak sukai, tanpa menyajikan makanan lain. Hal ini sebaiknya anda hindari, karena hanya akan menumbuhkan kecenderungan anak memilih makanan tertentu tanpa memperhatikan kandungan gizinya. Untuk mengatasi hal ini, anda sebaiknya mengkombinasikan makanan baru yang kurang disukai, dengan makanan yang memang telah disukainya sebelumnya.

Tidak Memperhatikan Jadwal Makan Anak

Memberikan makanan untuk anak dengan mengajaknya berjalan-jalan memang akan lebih mudah dilakukan. Namun hal ini sebaiknya tetap dilakukan di jam yang khusus bahkan akan lebih baik apabila waktu makan anak, adalah dengan duduk di meja makan. Hal ini untuk melatih ketertiban pada anak sejak dini. Boleh saja memberikan minuman kepada bayi kapan saja, namun untuk sarapan, cemilan saat tengah pagi, makan siang, snack sore hari, makan malam hingga camilan sebelum tidur sebaiknya di sesuaikan dengan jadwal yang telah dibuat.

Bersihkeras Agar Anak mau Mencoba Sedikit Makanan Baru

Secara alami anak-anak akan menolak apa yang dipaksakan untuk mereka. Salah satu penelitian menjelaskan bahwa anak-anak akan menyantap makanan dengan sendirinya, karena mereka belajar menikmatinya. Sehingga apabila anak susah makan, anda sebagai orang tua tidak perlu memaksa anak mencicipi makanan yang tidak diminati. Sebaiknya, tawarkan makanan dan berikan penjelasan secara halus sehingga anak tertarik mencobanya, apabila tetap menolak coba berikan makanan tersebut di lain waktu atau mencampurnya dengan makanan yang biasa dikonsumsi.

Mengajarkan anak yang sulit makan agar mau menyantap makanan yang lebih bervariasi memang penting untuk Kesehatan Anak. Namun tetap saja ketepatan dalam melakukannya perlu diperhatikan agar tidak memberikan dampak buruk bagi anak di masa mendatang.

Ringkasan:
  • Permasalahan yang paling sering terjadi pada anak adalah sulit untuk mengkonsumsi sayur,
  • Kesalahan saat Mengatasi Anak Susah Makan yang sering terjadi adalah hanya menyajikan makanan tertentu, Tidak Memperhatikan Jadwal Makan dan memaksa anak makan jenis makanan yang baru.

Post a Comment for "Kesalahan saat Mengatasi Anak Susah Makan"