Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Makanan Pedas terhadap ASI yang Diproduksi Ibu Menyusui

Bahaya Makanan Pedas untuk Ibu Hamil
Efek Makanan Pedas sering dihindari oleh Ibu Hamil dan Ibu Menyusui, karena khawatir dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada janin dan ibu yang mendapatkan ASI Eksklusif. Mereka percaya bahwa makan makanan pedas dapat mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan, sehinga menyebabkan diare pada bayi. Mitos ini diatas sampai saat ini memang masih berkembang, dan apakah mitos tersebut benar?

Pada dasarnya ibu yang sedang menyusui untuk tidak khawatir mengkonsumsi makanan pedas, karena cita rasa ASI tidak sama 100% dengan makanan yang ibu menyusui konsumsi. Agar produksi ASI tetap maksimal, maka ibu menyusui harus memperhatikan variasi makanan yang dikonsumsi. Makanan pedas tidak akan memberikan pengaruh terhadap produksi ASI, namun yang tetap diperhatikan adalah, konsumsinya tetap harus dibatasi karena dapat mengganggu kesehatan Ibu menyusui itu sendiri.

Produksi ASI dilakukan dengan cara mengambi nutrisi dari darah ibu bukan dari sistem pencernaan. Sehingga meski mengkonsumsi makanan pedas, maka ASI tidak akan ikut terasa pedas, dan ASI yang dihasilkan tidak akan memicu diare. Apabila bayi mengalami diare atau masalah pencernaan, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena alergi atau sensitif bukan karena ibu menyusui mengkonsumsi makanan pedas.

Makanan yang dikonsumsi ibu menyusui tidak akan akan secara langsung menimbulkan gangguan pencernaan pada bayi. Ibu mengkonsumsi makanan pedas, dapat meyebabkan anergi pada bayi, karena adanya senyawa capsaicin yang akan membuat bayi anda sensitif bahkan alergi terhadap makanan pedas tersebut. Sehingga apabila ibu menyusui tepat ingin mengkonsumsi makanan pedas, sebaiknya membatasi jumlahnya.

Ringkasan:
  • Makanan Pedas dipercaya banyak orang, apabila dikonsumsi ibu menyusui dapat memicu diare pada Bayi,
  • Makanan Pedas tidak akan mempengaruhi kualitas produksi ASI ibu menyusui,
  • Agar kandungan ASI tetep maksimal, maka ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan yang bervariasi.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Efek Makanan Pedas terhadap ASI yang Diproduksi Ibu Menyusui"