Cara Memandikan Bayi yang Baik dan Benar


Tips Memandikan Bayi
Memandikan Bayi tentu akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Namun bagi ibu muda yang baru mempunyai anak pertama sering menjadi aktivitas yang menakutkan, karena masih belum mengetahui bagaimana Cara Memandikan bayi yang baik dan benar.

Memandikan bayi bermanfaat untuk kesehatan bayi dan tentu mempererat ikatan batin antara orang tua dan anak. Oleh karena itu sebaiknya memandikan bayi tidak hanya dilakukan oleh ibu, namun juga dilakukan oleh ayah, apalagi apabila ibu baru saja melahirkan dengan cara caesar. Bagi anda yang belum terbiasa memandikan bayi, Tips Kesehatan Keluarga Bunda, akan memberikan sebelas Sepuluh Cara memandikan bayi yang baik dan benar, yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Jangan memandikan bayi setelah makan, terutama memandikan bayi yang baru lahir, karena dapat menyebabkan bayi muntah.
  2. Sebelum memandikan bayi, siapkan terlebih dahulu perlengkapan mandi bayi, termasuk pakaian yang akan digunakan setelah mandi.
  3. Suhu air untuk memandikan bayi adalah 36-37 derajat celcius. Atau cara paling mudah mengetahui suhu air untuk mandi bayi pas, adalah dengan mencelupkan siku ke dalam air, sehingga air terasa tidak terlalu panas atau dingin. Dan selalu ingat, jangan memandikan bayi dengan air dingin, karena dapat membuat kulit kering dan tidak baik untuk kesehatan bayi.
  4. Memasukan bayi ke dalam bak mandi dilakukan dengan meletakkan satu tangan Anda di bawah pundak bayi, sementara tangan yang lainnya diletakkan di bagian pantat, dan masukan bayi ke bak mandi secara perlahan.
  5. Batasi busa sabun saat memandikan bayi, karena dapat membuat kulit bayi sensitif. Jangan memandikan bayi dengan menggunakan sabun anti bakteri atau antiseptik, karena kurang baik bagi kulit bayi yang masih tumbuh berkembang.
  6. Bukalah baju bayi, dan bungkus dengan menggunakan handuk di pangkuan. Selanjutnya usap mata bayi dengan kapas yang telah dibasahi dengan air matang yang dingin, Selanjutnya bersihkan mata bayi dari arah luar ke dalam dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat. Dan jangan lupa membersihkan wajah dan mulut bayi.
  7. Bersihkan bagian kepala, wajah, dada, lengan, leher, punggung, tungkai dan juga daerah-daerah lipatan bayi.
  8. Bersihkan lubang hidung bayi dan bagian terluar (bagian yang terlihat) dengan menggunakan kapas (cotton bud) yang dibasahi dengan air hangat.
  9. Gunakan sabun untuk membersihkan bagian kepala dan badan bayi akan lebih baik apabila anda mengusapnya dengan menggunakan washlap. Dan selalu ingat, saat memandikan bayi, selalu topang bagian leher dan pundak bayi.
  10. Setelah selesai , angkat bayi dari bak dengan memegang Pegang bagian pantat dan punggungnya. Selajutnya bungkus dan keringkan air dengan menggunakan handuk yang lembut.
Setelah selesai dimandikan, bayi sebaiknya selalu diberikan minyak penghangat badan bayi. Setelah diberikan penghangat berikan bedak dan pakaikan pakaian yang bersih. Pastikan bedak bayi tidak menimbulkan alergi pada bayi (sering bersih-bersin dan batuk).

Ringkasan:
  • Cara Memandikan bayi yang baik dan benar adalah dengan hati-hati, menggunakan perlengkapan yang aman, dan selalu menopang bayi dengan kuat,
  • Membersihkan Hidung dan Telinga bayi cukup hanya pada lubang bagian luar saja,
  • Setelah selesai mandi bayi harus selalu diberikan minyak penghangat agar bayi tidak kedinginan.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger