Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enam Penyebab Nyeri pada Payudara

Penyebab Nyeri Payudara
Payudara adalah salah satu bagian tubuh wanita yang kesehatannya harus selalu diperhatikan. Bagian tubuh ini terdapat kelenjar susu untuk mengalirkan Susu ke bayi atau balita. Beberapa wanita mengalami nyeri payudara, dan langsung mengira ada masalah serius seperti kanker payudara pada bagian tubuh paling sensitive tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya nyeri payudara bisa disebabkan oleh hal-hal yang cukup sepele, yang diantaranya adalah:
  • Adanya Ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh wanita. Hal ini disebabkan karena menstruasi, kehamilan, dan menopause, dan pada umumnya nyeri pada payudara disebabkan karena hormon estrogen pada tubuh wanita yang berkurang.
  • Menggunakan Bra terlalu ketat, juga dapat memicu terjadinya nyeri pada payudara. Hal ini dikarenakan, menggunakan bra ketat, tidak memberikan ruang payudara untuk bernapas, atau mungkin anda juga tidak menyadari bahwa payudara anda sedang bertambah besar.
  • Tidak menggunakan bra saat olahraga di dalam rumah dapat memicu nyeri pada payudara. Karena tanpa bra,maka payudara tidak akan ada yang menopang ketika anda melakukan berbagai gerakan olahraga.
  • Mengkonsumsi Kafein kelebihan, juga dapat memicu rasa nyeri pada payudara wanita.
  • Efek samping obat yang dikonsumsi, hal ini di karenakan beberapa obat memiliki dampak buruk pada produksi hormon estrogen dalam tubuh wanita. Perlu anda ketahui bawa hormon estrogen berfungsi untuk menjaga kesetabilan hormon dalam payudara.
  • Adanya Kista, ditandai dengan adanya benjolan yang disertai rasa sakit pada payudara. Untuk memastikan apakah benjolan tersebut berbahaya atau tidak, maka anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Yang perlu diwaspadai adalah kista bisa berkembang menjadi kanker payudara yang mematikan.
Ringkasan:
  • Rasa Nyeri pada payudara bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari masalah sepele sampai yang serius,
  • Nyeri payudara karena adanya benjolan harus diwaspadai, karena bisa berkembang menjadi kanker,

Post a Comment for "Enam Penyebab Nyeri pada Payudara"