Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Pemicu Obesitas pada Ibu Hamil

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
Eating for two (makan untuk dua orang) pada ibu hamil, bukan berarti dengan porsi yang besar, namun makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Makanan dengan porsi besar atau dobel pada ibu hamil dapat memicu peningkatan berat badan ibu hamil dan janin yang berlebihan (Obesitas)

Resiko obesitas pada ibu hamil dan janin adalah memicu terjadinya tindakan persalinan caesar dikarenakan ukuran janin yang terlalu besar dan jalan lahir yang terlalu sempit. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ibu hamil memperhatikan gaya hidup sehat dan membatasi konsumsi makanan pemicu obesitas pada ibu hamil dan janin. Adapun makanan ibu hamil yang sebaiknya dibatasi diantaranya adalah:
  • Makanan yang mengandung banyak Sodium (sup kalengan, makanan beku, camilan yang ditaburi garam atau daging olahan). Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi garam melebihi 2300 mg atau setara dengan satu sendok teh, bahkan untuk ibu hamil gemuk, sebaiknya tidak mengkonsumsi garam lebih dari 1500 mg. Ibu Hamil membatasi konsumsi garam bertujuan untuk mencegah diabetes, preklamsia dan juga obesitas. 
  • Membatasi Konsumsi Makanan Mengandung Gula terlalu Tinggi (kentang goreng tepung, mie ayam atau nasi). Jenis makanan ini sebaiknya dikonsumsi dalam porsi yang tepat, dan hindari juga penggunaan gula tambahan sirup jagung fruktosa, sirup malth barley, molasses atau agave nectar yang biasanya digunakan pada jenis makanan kemasan.
  • Membatasi Makanan yang Tinggi Lemak (makanan cepat saji, es cream, bakso). Makanan tinggi lemak dapat memicu kenaikan berat badan ibu hamil dan janin secara berlebihan, sehingga konsumsinya harus sangat dibatasi.
Adapun makanan yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil, untuk menghindari obesitas adalah makanan tinggi serat dan kandungan karbohidrat, lemak dan sodium yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Ibu Hamil juga harus mencukupkan kebutuhan cairan dan mineral untuk menjaga kesehatan dan kebugaran selama hamil.

Ringkasan:
  • Makanan Ibu Hamil yang dikonsumsi harus mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil dan janin di dalam kandungan,
  • Untuk menghindari obesitas sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi sodium (garam), gula dan makanan tinggi lemak,
  • Makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah makanan tinggi serat dan kandungan karbohidrat, lemak dan sodium dengan jumlah yang tepat.

Post a Comment for "Makanan Pemicu Obesitas pada Ibu Hamil"