Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Insulin untuk Pasien Diabetes

Penyakit Diabetes
Penyakit Diabetes termasuk ke dalam penyakit kronis yang pengobatannya harus dilakukan seumur hidup. Pasien diabetes umumnya harus rutin mengonsumsi obat diabetes atau suntik insulin secara rutin agar gula darah tetap stabil. Namun, memang kenyataannya banyak pasien diabetes yang tidak mau suntik insulin karena takut.

Dante S Herbuwono selaku Dokter spesialis penyakit dalam, mengatakan: banyak isu negatif yang membuat pasien diabetes takut untuk suntik insulin, sehingg komplikasi penyakit lebih mudah muncul. Padahal sebenarnya Suntik Insulin tidak menakutkan, karena tidak sakit dan mudah penggunaannya.

Hambatan dalam pemberian insulin untuk pasien diabetes adalah adanya kekhawatiran pasien terhadap efek samping insulin seperti hipoglikemia dan penambahan berat badan. Ada pula isu bahwa insulin membuat seseorang ketergantungan pada obat, meicu kebutaan, dan mengganggu fungsi ginjal. Namun sebenarnya isu tersebut tidaklah benar, bahkan suntik insulin akan menghambat kematian pasien diabetes dan menambah harapan hidupnya.

Saat ini telah banyak berkembang alat suntik insulin, seperti insulin pump yang dapat ditempel ke badan. Alat ini dapat mengatur banyaknya insulin yang disuntikan ke tubuh secara manual maupun otomatis. Bahkan saat ini insulin pump juga telah dikembangkan untuk terhubung ke aplikasi di handphone sehingga lebih mudah mengatur banyaknya insulin yang dimasukan ke tubuh. Adapun, suntik insulin yang saat ini banyak digunakan adalah suntikan insulin yang berbentuk seperti pena.

Ringkasan:
  • Diabetes adalah penyakit kronis yang harus diobati selama seumur hidup,
  • Pengobatan diabetes adalah dengan konsumsi obat atau bahkan suntik insulin secara rutin,
  • Obat dan suntik insulin bertujuan untuk mengontrol agar gula darah tidak naik.

Post a Comment for "Efek Insulin untuk Pasien Diabetes"