Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permasalahan Sperma yang Menyebabkan Sulit Hamil

Kesuburan Sperma
Permasalahan Sperma menjadi salah satu faktor ketidaksuburan yang banyak dialami pasangan suami istri. Hal ini berkaitan dengan kualitas sperma yang buruk akan menyebabkan sel telur sulit hamil. Karena sulit hamil, maka tentu pasangan suami istri akan sulit mendapat keturunan meski telah lebih dari satu tahun rutin berhubungan.

Saat ini sebagian besar pasangan  sulit hamil karena gangguan kesuburan sperma. Sehinga paradigma pasangan yang sulit mendapatkan momongan harus diubah, pertama  yang harus diperiksa adalah suami terlebih dahulu. Kualitas sperma yang tidak baik bisa disebabkan karena faktor genetik dan gaya hidup tidak sehat seperti pria perokok. Ciri Fisik Kualitas sperma buruk seperti, terlalu cair atau tidak kental, kelainan bentuk, tidak memiliki ekor sehingga membuat sel sperma sulit berenang menuju sel telur untuk pembuahan.

Masalah lain kesuburan sperma adalah jumlahnya yang sedikit (di bawah 5 juta per cc), bahkan ada pria yang tidak menghasilkan sel sperma. Sperma yang subur mengandung sel lebih dari 15 juta per cc. Dan apabila sperma yang dihasilkan tidak ada, maka harus dioperasi dan Sperma akan diambil dari buah zakar.

Jumlah sperma yang cukup banyak belum pasti dapat membuahi sel telur, apabila kualitas sperma jelek. Sperma berkualitas baik apabila memiliki gerakan yang cepat dan maju lurus. Sedangkan sperma kualitas jelek adalah yang bergerak lambat dan sulit maju lurus, bergerak di tempat tanpa maju, atau tidak bergerak sama sekali.

Menjaga kualitas sperma bisa dilakukan dengan menjauhkan organ vitalnya itu dari udara panas (termasuk menghindari pemakaian celana yang sempit), hindari terlalu lama berendam di air hangat, memangku laptop. Hal ini dikarenakan untuk dapat menghasilkan sperma yang bagus, suhu testis harus lebih rendah dari suhu tubuh.

Gangguan kualitas sperma juga bisa berasal dari pabrik sperma yaitu testis, karena adanya  seperti virus atau infeksi. Sehingga mulai sekarang anda para pria sebaiknya memperhatikan hal-hal tersebut diatas, agar kualitas sperma tetap terjaga dan anda bisa segera mendapatkan momongan begitu setelah menikah.

Ringkasan:
  • Gangguan kualitas Sperma sering menjadi permasalahan kesuburan pasangan suami istri,
  • Gangguan kesuburan pada pasangan suami istri menyebabkan istri sulit hamil dan mendapatkan momongan,
  • Mencegah Permasalahan Sperma bisa dilakukan dengan pola hidup dan menjaga suhu testis lebih rendah dari suhu tubuh.

Post a Comment for "Permasalahan Sperma yang Menyebabkan Sulit Hamil"