Kriteria Sperma Sehat yang Dicari Wanita

Cir-ciri Sperma SehatTingkat Kesuburan Pria tentu tidak hanya bisa dilihat dari keberadaan organ reproduksi (Testis) yang utuh, lengkap, kemampuan ereksi dan ejakulasi. Namun Ciri dan kriteria fertilitas pria dapat dilihat dari hasil pemeriksaan sperma yang dia keluarkan. Secara makroskopis, Kriteria Sperma Sehat memiliki volume sekitar 2 sampai 5 mililiter saat dikeluarkan, berbau khas (bukan berbau busuk), mencair dalam waktu kurang dari satu jam jika berada di luar organ reproduksi wanita, dan berwarna putih Keabu-abuan dengan kekentalan yang normal. Sedangkan apabila anda atau pasangan anda mempunyai Sperma yang encer, biasanya menunjukkan kualitas yang kurang baik.

Istilah Hasil Kesimpulan Test Sperma

Kriteria Sperma Sehat yang lain adalah jika spermatozoa yang terkandung dalam setiap mililiter sperma berjumlah sekitar 20 sampai 40 juta dengan 4% di antaranya berbentuk normal, mobilitasnya bagus dengan gerak lurus dan cepat, dan tidak terdapat aglutinasi (dua spermatozoa yang melekat). Apabila criteria tersebut kurang terpenuhi maka akan terjadi beberapa kelainan pada sperma, atau dengan istilah pada hasil test sperma sebagai berikut:
  • Oligozoospermia adalah hasil test sperma dengan jumlah spermatozoa yang dihasilkan kurang dari 15 juta,
  • Astenozoospermia adalah kondisi gerakan spermatozoa tidak normal, zigzag atau bahkan melengkung,
  • Tera-tozoospermia merupakan istilah kelainan sperma dengan kondisi, jumlah spermatozoa yang normal jauh di bawah 4%,
  • Azoospermia adalah sperma yang dikeluarkan oleh pria hanya berupa cairan saja sehingga tidak mengandung spermatozoa,
  • Aspermia adalah ketika pria mengalami gangguan sehingga tidak ada cairan sperma bisa dikeluarkan.
Dari penjelasan Menganai hasil Kesimpulan Test Sperma, maka Tingkat Kesuburan Pria tidak berhubungan dengan kemampuan seksualnya. Kesuburan pria juga akan menurun sejalan dengan bertambahnya umur. Sampai menjadi kakek sperma masih bisa dihasilkan, namun potensi untuk mendapatkan anak dengan kelainan juga akan semakin meningkat.

Penyebab Kemandulan Pria

Kemandulan Pria dapat dibagi menjasi dua faktor, diantaranya adalah: Faktor genetic dan Pengaruh Lingkungan. Pria yang mempunyai kromosom berjumlah 47 (XXY), tidak akan menghasilkan sperma. Pria dengan jumlah kromosom 46 tetapi tipe XX, mempunyai permasalahan spermatogenesis (proses pembuatan sperma) akan terganggu.

Faktor Penyebab Kemandulan Pria karena lingkungan adalah  bisa didapat dari penyakit menular seksual. Karena apabila tidak segera diobati dapat menyumbat saluran keluar sperma atau merusak spermatogenesis pada produksi sperma. Radiasi juga bisa menurunkan fertilitas, bahkan menjadi

Penyebab Kemandulan Pria

Penyebab Kemandulan Pria juga bisa dipicu oleh gaya hidup tidak sehat. Sperma yang sehat adalah yang diproduksi dalam suhu dua hingga empat derajat celsius lebih rendah dari suhu tubuh dalam keadaan normal. Sehingga apabila menginginkan Sperma anda Sehat hindari berendam di memangku laptop saat bekerja, air panas, sauna, atau memakai celana yang terlalu ketat. Merokok dan minum alkohol juga menjadi salah satu Penyebab kelainan pada spermatozoa. Terpapar Asap rokok (Termasuk Perokok Pasif), bahkan mengingkatkan resiko Infeksi Kandung Kemih.

Selain terjadi masalah pada spermatozoa, ada beberapa penyebab kemandulan pria yang lain. Yaitu Kelainan Seksual Pria atau jarang melakukan hubungan seksual antara suami istri. Kelainan Seksual Pria bisa terlihat dari gairah seks yang rendah atau bahkan tak bergairah sama sekali, kelainan bentuk anatomi testis, gangguan ejakulasi dan disfungsi ereksi.

Keadaan lain yang memperbesar risiko Kemandulan Pria adalah testis yang tidak turun saat lahir, kelainan anatomi yang disebut dengan Hipospadi. Kelainan ini adalah kondisi, lubang sperma ada di bawah testis, pubertas yang terlambat, penyakit menular seksual, infeksi atau terpuntir saat remaja, atau pria yang pernah melakukan operasi hernia. Untuk itu menjaga pola hidup sehat, tentu akan membantu untuk menjaga Kriteria Sperma Sehat pada Pria.

Tips Menjaga Kesehatan Sperma

Belum tercapainya keinginan mendapatkan buah hati bukan saja karena kesalahan istri atau suami yang kurang pandai bercinta, namun kondisi sperma yang kurang sehar, juga bisa menjadi penyebab sulitnya mempunyai keturunan. Sehingga beberapa yang dapat membantu menjaga kesehatan sperma anda, seperti di bawah ini patut untuk anda lakukan:
  1. Apabila anda perokok dan suka minum alkohol, sebaiknya mulai berfikirlah untuk berhenti merokok dan minum alkohol,
  2. Jangan menggunakan celana dalam terlalu ketat sehingga testis anda terasa tidak nyaman. Hindari mandi dengan air panas supaya Testis Anda tetap dingin.
  3. Konsumsi multivitamin sebagai antioksidan misalnya vitamin C, E, dan betakaroten. Cara Alami Menjaga Kesehatan Sperma juga bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Konsumsi juga multivitamin yang mengandung zinc sebanyak 20 mg setiap hari, dan hindari makanan dan minuman instan.
  4. Hindari stres berkepanjangan. Luangkan waktu untuk refresing dengan menikmati musik, film, televisi, dan melakukan hobi anda.
  5. Batasi makanan berlemak termasuk jaga berat badan anda tetap ideal.
Kesimpulan:
  • Kesuburan pria bisa diketahui dengan pemeriksaan sperma,
  • Kemandulan Pria disebabkan oleh Faktor Genetik dan pengaruh Lingkungan,
  • Menjaga Testis lebih dingin dan tidak tertekan menjadikan Sperma lebih sehat,
  • Menjaga Kesehatan Sperma bisa dilakukan dengan beberapa cara alami dan sederhana.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger