Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Nyeri Payudara karena Sindrom Pramenstruasi

Mengatasi Nyeri Payudara
Nyeri Payudara sering dialami wanita seminggu atau lebih sebelum mendapatkan siklus menstruasi. Ganguan ini termasuk terjadi pada masa Sindrom pramenstruasi (PMS), dengan gejala fisik dan emosional pada wanita. Selain Nyeri payudara, Gejala PMS yang lain adalah; Pusing, sakit kepala, mengidam makanan, perubahan suasana hati, perut kembung atau depresi.

Nyeri payudara saat menstruasi dijelaskan sebagai rasa sakit, bengkak atau ketidaknyamanan, yang sewaktu-waktu bisa begitu kuat, bahkan dapat mengganggu tidur.

Penyebab Nyeri Payudara

Penyebab nyeri payudara paling utama selama PMS adalah ketidakseimbangan hormon wanita, saat menjelang siklus menstruasi. Pada masa ini hormon estrogen dan progesteron mulai bekerja aktif. Apabila tingkat estrogen rendah sedangkan progesteron tinggi, menyebabkan payudara menjadi lebih besar, sehingga rentan terhadap nyeri payudara,.

Cara Mengatasi Nyeri Payudara

Karena ketidakseimbangan hormon merupakan penyebab paling umum nyeri payudara selama PMS, maka sebaiknya wanita menjaga keseimbangan hormon, atau mengatasi dengan cara-cara dibawah ini:
  • Menggunakan bra yang tidak sempit, agar memberikan kenyamanan untuk anda dengan berbagai aktifitas.
  • Melakukan Pola Makan yang sehat, dengan menghindari makanan tinggi garam dan sodium. Hal ini karena, mengkonsumsi  garam dan sodium dapat menyebabkan retensi air tambahan sehingga memicu pembengkakan lebih parah. Wanita yang mengalami nyeri payudara menjelang menstruasi, sebaiknya juga mengurangi konsumdi makanan tinggi lemak dan gula, 10 - 15 hari sebelum siklus menstruasi dimulai.
  • Hindari konsumsi Kafein, untuk mengurangi resiko nyeri payudara menjelang siklus menstruasi.
  • Memperbanyak konsumsi vitamin A, B6 dan E, dapat meminimalkan pembengkakan dan nyeri payudara.hormon dalam tubuh.
  • Mencukupkan konsumsi air putih  dan mengompres payudara saat nyeri bisa menjadi alternatif untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada panyudara akibat Sindrom Pramenstruasi (PMS).
Apabila setelah melakukan cara-cara tersebut diatas, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter, agar diketahui secara pasti rasa nyeri yang anda rasakan. Untuk mengatasi nyeri payudara akibat PMS, biasanya dokter akan meresepkan obat pereda rasa nyeri.

Ringkasan:
  • Nyeri Payudara menjelang siklus menstruasi disebabkan karena Sindrom pramenstruasi (PMS),
  • Sindrom pramenstruasi menyebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesterone,
  • Mengatasi Nyeri Payudara bisa dengan menggunakan bra yang longgar, Mengatur Pola Makan, Memperbanyak minum air putih, hindari kafein dan minum obat dari dokter.

Post a Comment for "Mengatasi Nyeri Payudara karena Sindrom Pramenstruasi"