Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usia Aman Ibu Hamil untuk Naik Pesawat

Tips Ibu Hamil Naik Pesawat
Kesehatan dan Usia kandungan Ibu Hamil sangat berpengaruh terhadap aktivitas yang dibolehkan dan tidak diperbolehkan, termasuk saat Ibu Hamil akan Naik Pesawat terbang. Untuk kondisi ini para ahli menyarankan disarankan terbang sebelum usia kehamilan 37 minggu.

Naik Pesawat saat hamil tidak berbahaya untuk kehamilan berisiko rendah. Namun tentu efek samping, seperti: kaki bengkak, mabuk perjalanan, masalah telinga dan hidung tetap ada. Naik Pesawat jarak jauh selama empat jam atau lebih akan meningkatkan risiko terkena deep vein thrombosis (DVT) yang membuat terbentuknya bekuan darah di kaki atau pelvis, dan hal ini akan lebih tinggi resikonya terhadap ibu hamil.

Wanita dengan kehamilan kembar yang ingin Naik Pesawat disarankan sebelum kehamilan berusia 32 minggu. Dan dilarang apabila usia kehamilan 37 minggu, karena ibu hamil dapat melahirkan kapan saja.

Para ahli RCOG merekomendasikan ibu hamil mengenakan baju longgar dan sepatu nyaman saat Naik Pesawat Terbang. Dan saat di pesawat mereka juga disarankan untuk sering berjalan-jalan dan meregangkan tubuh di kursi setiap 30 menit. memakai stocking kompresi elastik juga dapat membantu ibu hamil mencegah DVT.

Larangan Ibu Hamil Naik Pesawat

Dalam kondisi tertentu, Ibu Hamil sebaiknya tidak naik pesawat, terutama bagi ibu hamil yang berisiko tinggi melahirkan prematur, menderita anemia berat, mengalami perdarahan di vagina, menderita penyakit sickle cell, atau mempunyai penyakit jantung atau paru-paru serius.

Philippa Marsden, selaku ketua komite informasi pasien mengatakan informasi dan rekomendasi tersebut diatas relevan untuk Ibu Hamil yang bepergian jarak pendek maupun jarak jauh yang membutuhkan waktu lebih dari 4 jam penerbangan. Dan yang paling penting, sebelum bepergian dengan pesawat terbang, harus berkonsultasi dengan bidan atau dokter yang menangani kehamilan anda.

Ringkasan:
  • Ibu Hamil boleh naik pesawat terbang saat usia kehamilan kurang dari 37 minggu sembilan bulan,
  • Efek samping ibu hamil yang naik pesawat terbang adalah kaki bengkak, mabuk perjalanan, permasalahan hidung dan telinga,
  • Sebelum Naik Pesawat terbang sebaiknya ibu hamil berkonsultasi dengan bidan atau dokter yang menangani kehamilan.

Post a Comment for "Usia Aman Ibu Hamil untuk Naik Pesawat"