Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jumlah Ideal Minum Air dalam Satu Hari

Bahaya Air Putih
Minum Air yang banyak dipercaya oleh masyarakat dapat menjaga kesehatan ginjal dan membuat kulit lebih halus. Namun, tentu sebenarnya asupan cairan yang hampir seluruhnya berasal dari minum air juga harus ada batasannya, karena terlalu banyak minum air putih bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Parlindungan Siregar selaku Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, dalam aktivitas normal atau tanpa olahraga seseorang dianjurkan minum sebanyak 2 liter dalam sehari, untuk menghindari kekurangan dan kelebihan cairan tubuh.

Namun, untuk seseorang usia lanjut yang hanya melakukan aktivitas normal, asupan cairan perhari yang dianjurkan lebih sedikit, yaitu minimal 1 liter dan maksimal 1,5 liter per hari. Hal ini dikarenakan fungsi ginjal orang tua dengan usia 65 tahun telah menurun.

Saat berolahraga, asupan cairan tidak boleh berlebihan atau kekurangan, namun harus disesuaikan dengan tingkat aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan. Sesorang yang melakukan peningkatan aktivitas mulai dari yang ringan hingga berat dapat mengeluarkan cairan dari tubuh sebanyak 5 liter perhari. sedangkan untuk anda yang memiliki penyakit batu saluran kemih, sebaiknya mengkonsumsi air 3 liter dalam satu hari.

Sedangkan bagi anda yang memiliki fungsi ginjal yang telah menurun, khususnya penyakit ginjal kronik stadium 4, harus mengkonsumsi air maksimal setara dengan volume cairan yang dikeluarkan melalui urin salama satu hari.

Seseorang yang sedang dalam keadaan istirahat atau tidak melakukan aktivitas, akan mengeluarkan cairan sebanyak 1,6 liter. Adapun cairan tersebut dikeluarkan melalui sekitar 500 ml, keringat 500 ml, saluran napas 400 ml, dan feses BAB 200 ml.

Asupan cairan yang dikonsumsi baik itu dari makanan atau minuman harus mengimbangi cairan yang dikeluarkan keluar. Asupan air tidak boleh berlebihan karena dalam keadaan sehat dan normal, ginjal hanya mampu mengeluarkan  400-600 ml air dalam satu jam.

Ringkasan:
  • Orang tua berusia 65 tahun keatas hanya membutuhkan asupan cairan 1 – 1,5 liter,
  • Cairan yang mampu diolah oleh ginjal yang sehat adalah 400-600 ml dalam satu jam,
  • Jumlah Ideal Minum Air disesuaikan dengan aktifitas, kesehatan dan usia.

Post a Comment for "Jumlah Ideal Minum Air dalam Satu Hari"