Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merawat Gigi Berlubang Secara Alami

Cara Merawat Gigi Berlubang
Merawat Gigi Berlubang tentu berbeda dengan gigi yang masih dalam kondisi bagus. Jangan sampai perawatan yang tida tepat akan menyebabkan bakteri yang memicu sakit gigi yang tentu sangat menyakitkan. Hal ini perlu diperhatikan karena, tidak jarang gigi berlubang akan mengakibatkan sakit gigi dan saat ini masih banyak dan mungkin termasuk anda mempunyai gigi berlubang.

Gigi menjadi salah satu organ yang sangat penting, karena berfungsi sebagai pelumat makanan. Gigi juga memberikan pengaruh pada kesempurnaan penampilan sehingga harus dijaga kebersihan dan kesehatannya. Dan bagi anda yang mempunyai gigi berlubang, sebaiknya merawat dengan cara sebagai berikut:
  • Menghindari makanan yang terlalu dingin, panas, manis dan makanan yang mengandung bumbu terlalu kuat seperti makanan bersantan. Jenis makanan tersebut akan meningkatkan rasa ngilu atau nyeri yang bersifat kambuhan (kadang terasa kandang tidak) 
  • Menggosok gigi berlubang dengan cara yang benar dan rutin. Dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari dengan waktu setelah sarapan dan sebelum tidur maka lubang di gigi anda tidak akan bertambah lebar. Selain itu anda juga akan terhindar dari rasa nyeri karena gigi berlubang, karena kuman yang bersembunyi akan hilang.
  • Menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi berlubang, yang biasanya memang diproduksi pabrik dengan lebih banyak kalsium dan xylitol untuk memperbaiki email atau bagian gigi yang berlubang belum terlalu parah. Penggunaan jenis pasta gigi ini bisa memperbaiki gigi berlubang apabila dilakukan secara teratur, namun tentu tidak dalam waktu yang singkat.
  • Berkumur dengan air garam yang hangat juga diketahui dapat mengurangi rasa sakit gigi. Hal ini dikarenakan air garam hangat dapat menjadi anti-bakteri yang menjadi penyebab gigi berlubang terasa nyeri. Cara membuat anti-bakteri ini adalah dengan melarutkan 1 sendok garam dengan segelas atau sekitar 250 cc air hangat. Agar lebih efektif, anda juga bisa menambahkan perasan air jeruk.
  • Mengkonsumsi makanan sumber kalsium tinggi seperti telur, susu, dan multivitamin berkalsium dan lainnya. Dengan mengkonsumsi jenis makan-makanan ini maka akan membantu  dan mendukung perbaikan gigi berlubang secara alami dari dalam tubuh.
Selain kelima tips diatas, anda juga harus melakukan pemeriksaan gigi secara teratur dan pembersihan plak ek dokter gigi agar lubang gigi anda tidak bertambah parah.

Ringkasan:
  • Gigi Berlubang menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab nyeri atau sakit gigi,
  • Merawat gigi berlubang secara alami bisa dilakukan dengan cara Menghindari makanan tertentu, Teratur Menggosok gigi, Menggunakan pasta gigi khusus, Berkumur dengan air garam, Mengkonsumsi makanan sumber kalsium tinggi.

Post a Comment for "Merawat Gigi Berlubang Secara Alami"