Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menunda Siklus Menstruasi dengan Kombinasi Hormon

Siklus Menstruasi
Cara Menunda Siklus Menstruasi mengaturnya bisa bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron atau obat yang mengandung progesteron. Atau dengan kata lain, bisa dilakukan dengan menggunakan pil Kontrasepsi kombinasi.

Menunda Menstruasi atau Haid, biasanya dibutuhkan saat wanita akan melakukan ibadah haji atau umroh, sehingga seluruh ibadah dan kegiatan ibadah tersebut bisa diikuti seluruhnya. Menurut spesialis kebidanan dan kandungan Dr.Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), pil tersebut bisa diminum dengan dosis rendah satu bulan sebelum keberangkatan.

Menstrusi terjadi karena adanya penurunan kadar hormon progesteron setelah terjadinya ovulasi. Hormon progesteron yang menurun menyebabkan lapisan bagian dalam dinding rahim (endometrium) terlepas sehingga menyebabkan pembuluh darah di belakang terbuka.

PIL KB dosis rendah akan bekerja dengan mempertahankan kadar hormon sehingga endometrium tidak lepas, sehingga bukan darah kotor terkumpul di rahim. Memang untuk menunda haid saat berangkan ibadah haji atau umroh ini, sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter.

Pada pemeriksaan tersebut, dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi kelainan pada organ reproduksi atau kondisi lain yang mungkin dapat menyebabkan komplikasi apabila menggunaakn pil untuk menunda haid. Jadi pemeriksaan ini tentu lebih baik minimal satu bulan sebelum keberangkatan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter akan memberikan obat yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan pasien, dengan mempertimbangkan faktor usia dan riwayat penyakit yang pernah diderita.

Menunda Siklus Menstruasi dengan Pil Kombinasi Hormon, tidak boleh dilakukan pada pasien yang pernah menderita sakit kepala hebat atau migren, varises berat, kanker payudara, perdarahan dari vagina yang belum diketahui penyebabnya, dan mempunyai riwayat penyakit fungsi hati.

Penggunaan obat untuk mengatur siklus menstruasi juga sering menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, rasa mual, muncul bercak darah (spoting) atau nyeri pada payudara. Efek samping tersebut bisa diatasi dengan banyak minum air putih dan banyak bergerak supaya metabolik tubuh lebih lancar

Obat penunda Siklus Menstruasi ini aman dan sebaiknya mulai digunakan pada hari kedua hingga kelima setelah siklus menstruasi berakhit atau selambat-lambatnya 14 hari sebelum hari pertama haid yang ingin ditunda. Agar didapatkan hasil yang maksimal pil harus diminum teratur dan pada waktu yang sama. Pil ini bisa dihentikan segera setelah penundaan siklus menstruasi tidak diperlukan lagi dan biasanya haid akan datang sekitar 2-3 hari kemudian.

Ringkasan:
  • Menunda Siklus Menstruasi bisa dilakukan dengan mengkonsumsi pil kombinasi hormon estrogen dan progesteron,
  • Penundaan Haid biasanya digunakan oleh wanita yang akan melakukan ibadah umroh atau haji,
  • Dengan menunda haid, maka ibadah umroh atau haji akan berjalan lebih lancar.

Post a Comment for "Cara Menunda Siklus Menstruasi dengan Kombinasi Hormon"