Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Tidur setelah Makan Sahur

Saat ramadhan, anda tentu akan bangun tidur lebih awal beberapa jam dari biasanya untuk makan sahur. Dan setelah sahur dan shalat subuh, tidak sedikit orang dan mungkin termasuk anda langsung tidur kembali. Kondisi ini bisa dimaklumi, karena waktu tidur terpotong saat sahur, terutama bagi mereka yang akan bekerja pada pagi harinya.

Namun anda perlu tahu bahwa sebenarnya langsung tidur setelah makan sahur tidak baik bagi kesehatan. Hal ini diungkapkan oleh Rita Ramayulis SCN, M.Kes selaku Praktisi Gizi Klinik dan Olahraga, makanan yang baru masuk ke dalam tubuh harus dicerna terlebih dahulu, dan sistem pencernaan tidak akan bekerja secara baik apabila anda dalam kondisi tidur.

Tidur setelah Makan Sahur akan menyebabkan oksigen berpindah ke lambung semua, sehingga kinerja lambung untuk mencerna makanan sahur akan terganggu. Kondisi ini juga akan mengurangi oksifen di otak, sehingga saat bangun tidur bisanya anda akan merasakan perut penuh, sakit perut dan pusing. Makanan yang belum dicerna juga bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan ketika ketika anda Tidur setelah Makan Sahur.

Makanan mengandung karbohidrat akan dicerna selama dua jam, dan setelah itu isi di lambung telah berkurang. sedangkan protein bisa dicerna oleh tubuh dalam waktu 3 jam dan lemak selama 4 jam, jadi bagi anda yang ingin tidur lagi setelah makan sahur sebaiknya antara jam setengah 7 atau dua jam setelah makan sahur untuk berpuasa.

Anggapan banyak masyarakat yang boleh Tidur setelah Makan Sahur, dengan posisi duduk juga tidak bena. Hal ini karena, posisi tidur dengan duduk tidak akan menormalkan lambung untuk mampu mencerna makanan, karena saat orang tidur dengan posisi apapun, semua organ tubuh juga beristirahat. Menurut Rita Ramayulis SCN, M.Kes, ketika anda sahur dengan porsi makan yang cukup banyak, sebaiknya tidak tidur lagi setelah sahur.

Ringkasan:
  • Tidur setelah Makan Sahur adalah kebiasaan buruk yang dapat berakibat tidak baik untuk kesehatan,
  • Waktu tidur setelah makan sahur sebaiknya jeda lebih dari 2 jam,
  • Tidur setelah Makan Sahur dengan posisi duduk juga tidak akan banyak membantu kinerja lambung.

Post a Comment for "Bahaya Tidur setelah Makan Sahur"