Home » , , » Bahaya Bernapas Melalui Mulut

Bahaya Bernapas Melalui Mulut

Bernapas dengan mulut
Seseorang akan melakukan pernapasan sekitar 18 kali per menit, 1.080 kali dalam waktu satu jam, dan 25.920 kali dalam satu hari hari. Namun tahukan apabila, anda jarang sekali memberikan perhatian masalah pernapasan bahkan itu hanya dalam waktu yang singkat?

Manfaat mengetahui dasar-dasar pernapasan adalah karena cara bernapas memiliki efek terhadap kesehatan. Dan tahukan anda bagaimana bernapas yang baik agar bisa menyehatkan? Apakah bernapas melalui hidung atau melalui mulut, atau melalui keduanya?

Pernapasan biasanya dibedakan menjadi dua, yaitu Nasal Breathing (Pernapasan Hidung) dan Mouth Breathing (Pernapasan Mulut). Adapun pernapasan melalui hidung telah terbukti menjadi cara sehat untuk bernapas karena menstabilkan denyut jantung dan membantu aktivitas otak anda.

Bernapas melalui hidung sangat bermanfaat, karena hidung adalah garis pertahanan pertama yang menyaring sejumlah besar bakteri, virus, debu, polutan, atau apa pun yang mengambang di udara dan bisa saja masuk ke paru-paru dan berbahya. Dengan kata lain, hidung merupakan pencegah penularan penyakit yang utama. Bernapas melalui hidung juga membuat anda lebih banyak memiliki oksigen di dalam darah.

Bernapas melalui mulut (Mouth Breathing), telah terbukti dapat mengganggu mekanisme alami tubuh, memengaruhi sejumlah fungsi tubuh, dan dapat memicu terjadinya berbagai masalah kesehatan seperti ISPA.

Pada waktu tertentu bernapas melalui mulut bisa dikatakan alami, seperti saat mengangkat beban berat atau berolahraga. Meski memang hal ini juga tetap bisa memicu gangguan kesehatan seperti misaligned bite atau gigitan sejajar, bau mulut, mendengkur, sleep apnea (jeda napas saat tidur) dan akan lebih sering buang air kecil pada malam hari.

Bernapas dengan mulut terbuka akan menyebabkan paru-paru mendapat udara yang kotor, karena tidak difilter terlebih dahulu oleh bulu hidung seperti apabila udara masuk melalui hidung.

Cara anda bernapas mempengaruhi tingkat karbondioksida (CO2) di paru-paru dan darah. Dan zat ini merupakan nutrisi penting tubuh yang dapat membantu mengatur kisaran PH yang sehat dari darah, sehingga juga memungkinkan asupan oksigen yang cukup untuk dikisim ke jaringan-jaringan tubuh dan otak. CO2 berfungsi agar tubuh tetap mendapatkan oksigen sesuai dengan yang dibutuhkan.

Ringkasan:
  • Perhitungan Napas pada orang adalah sekitar 18 kali per menit, 1.080 kali dalam waktu per jam, dan 25.920 kali dalam satu hari,
  • Bernapas melalui hidung memungkinkan adanya filter sebelum masuh ke paru-paru,
  • Bernapas melalui mulut tidak baik untuk kesehatan karena tidak adanya filter seperti adanya



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger