Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Perokok Pasif pada Kesehatan Ibu Hamil

Kesehatan Ibu Hamil
Merokok dapat menimbulkan berbagai masalah, baik masalah kesehatan, sosial, maupun financial. Bahayanya lagi, jika seorang ibu hamil menjadi salah satu korban dari perokok aktif. Ya, rokok tidak hanya berdampak bagi perokok aktif atau yang menghisap rokok seara langsung tetapi juga berdampak buruk bagi perokok pasif. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan kan bunda? Apalagi pada untuk bunda yang sedang mengandung, hal ini bisa menjadi pantangan ibu hamil. Bunda, sebagai perokok pasif, seorang wanita yang mengandung bisa mendapatkan efek yang beragam.

Nah, apabila janin bunda dikelilingi oleh para perokok aktif setiap harinya, sebaiknya bunda harus selalu waspada. Kenapa? Karena ada beberapa efek yang memungkinkan terjadi pada ibu hamil maupun gen bayi yang sedang dikandungnya jika terus menerus terkena dampak asap rokok. Seperti yang telah dimuat oleh boldsky.com tentang beberapa efek yang timbul akibat menjadi perokok pasif bagi bunda yang sedang mengandung.

Adapun dampak yang pertama yaitu cacat fisik. Hal ini terjadi dengan adanya kemungkinan janin lahir dalam kondisi fisik yang cacat. Hal ini terjadi jikalau ibu yang sedang hamil terus menerus menghisap asap rokok walaupun menjadi perokok pasif. Racun dalam asap rokok akan bisa memutasi gen pada janin dan dampaknya akan terjadi terhadap testis, kaki, dan juga otak.

Kemudian, dampak yang paling ditakutkan juga jika menghirup asap rokok secara berlebihan pada saat mengandung yaitu kematian janin. Rokok yang berisi racun-racun yang sangat berbahaya bisa menjadi penyebab kemungkinan kematian janin sebesar 23%. Hal tersebut dikarenakan zat yang sangat berbahaya dalam rokok terhisap terus menerus walaupun hanya sebagai perokok yang pasif.

Ketika mengandung, dampak bahaya asap rokok bagi ibu hamil yaitu berat badan bayi pada saat lahir sangat rendah. Hal ini disebabkan karena vasokonstruksi dan hipoksia janin untuk menyuplai darah ke dalam plasenta menurun. Tentu saja penyebabnya yaitu kandungan zat berbahaya lagi yang telah dihirup oleh wanita yang sedang hamil walaupun tidak disengaja atau hanya menjadi korban saja.

Lalu, dampak bahaya apa lagi yang bisa terjadi pada bunda ketika hamil dan menjadi perokok pasif secara terus menerus? Hal tersebut akan berdampak pada masalah pernapasan. Tidak hanya pada ibu hami, sebenarnya dampak ini bisa berlaku bagi siapa saja. Namun, pada bunda yang sedang mengandung, perkembangan pernafasan pada janin akan terhambat. Sehingga, bayi yang baru lahir dari seorang perokok pasif memungkinkan mengalami kesulitan pernafasan. Serta, berpotensi menderita penyakit asma di masa yang akan datang.

Nah, demikianlah dampak bahaya seorang ibu hamil menjadi perokok pasif, karena itu, selalu jaga kesehatan dan hindari sebisa mungkin asap rokok. Jika memungkinkan, ajaklah suami bunda yang perokok untuk mengurangi merokok di dalam rumah demi kesehatan keluarga.

Ringkasan:
  • Dampak ibu hamil yang menjadi perokok pasif sangat berbahaya
  • Adapun beberapa bahaya yang bisa terjadi pada perokok pasif ibu hamil yaitu mengalami beberapa resiko bagi kesehatan bunda dan janin
  • Beberapa resiko diantaranya yaitu cacat fisik pada bayi, kematian janin, berat badan bayi lahir rendah, dan masalah pernafasan janin.

Post a Comment for "Bahaya Perokok Pasif pada Kesehatan Ibu Hamil"