Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Duduk yang Tepat dan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Kesehatan Ibu Hamil
Ketika bunda sedang hamil, bunda harus sudah bisa memikirkan banyak hal untuk menjaga kesehatan bunda serta janin dalam kandungan. Salah satu diantaranya yaitu mengatur posisi duduk. Pada dasarnya, posisi duduk merupakan hal yang sangat sederhana, namun pada kenyataannya, banyak ibu hamil yang tidak memperhatikan tentang masalah ini.

Apa dan bagaimana posisi dan cara duduk yang terbaik untuk dilakukan oleh bunda yang sedang mengandung? Jika bunda akan duduk dalam jangka waktu yang lama, bunda harus mengetahui seperti apa postur duduk yang aman serta nyaman. Hal ini karena posisi tidur ataupun posisi duduk ibu hamil akan berpengaruh terhadap kehamilan bunda.

Jika bunda tidak duduk pada posisi tepat, bunda akan merasa nyeri ataupun sakit punggung. Karenanya, bunda perlu untuk fokus dalam posisi duduk bunda selama masa kehamilan. Beberapa tips mengenai posisi duduk yang benar untuk ibu hamil akan kami jabarkan di bawah ini.

Idealnya, posisi duduk yang paling baik untuk seorang wanita yang sedang hamil adalah punggung sejajar lurus dengan bahu yang tertarik ke belakang. Pada saat bunda sedang hamil, bunda akan mengalami peningkatan berat badan. Hal ini akan berpengaruh pada ligament serta otot. Sehingga, otot pada tubuh akan sering terasa nyeri, terutama setelah dalam posisi duduk ataupun ibu hamil susah tidur yang mengakibatkan bunda ingin selalu duduk.

Kemudian, sandarkan tubuh bunda sepenuhnya ke bagian belakang kursi ataupun sofa. Hal ini untuk menjaga postur duduk agar terhindar dari sakit punggung. Menyeimbangkan berat badan pada saat bunda duduk menjadi tip duduk lainnya untk ibu hamil. Hal ini untuk mengurangi rentan rasa nyeri karena kenakan berat badan. Wanita yang sedang hamil tidak diperbolehkan duduk pada posisi yang tidak berubah selama lebih dari setengah jam. Karenanya, bunda perlu secara teratur merubah posisi duduk yang tepat dan nyaman.

Akan tetapi, ketika Ibu Hamil bekerja di kantor, maka kemungkinan untuk tetap duduk akan semakin besar. Jika hal tersebut harus dilakukan, maka usahakan agar lebih sering dan teratur dalam meregangkan kaki. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan aliran darah yang ada dalam tubuh. Nah seperti itulah tips yang harus dilakukan oleh ibu hamil agar mengetahui posisi duduk terbaik selama masa kehamilannya.

Ringkasan:
  • Posisi duduk ibu hamil berdampak besar pada kondisi kehamilan
  • Posisi duduk terbaik bagi ibu hamil adalah punggung lurus dan bahu ditarik ke belakang
  • Seimbangkan posisi duduk ibu hamil untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit 
  • Lakukan peregangan kaki dan rubahlah posisi duduk maksimal setengah jam sekali
  • Perhatikan posisi duduk pada ibu hamil ketika bekerja di kantor dan duduk berjam-jam

Post a Comment for "Posisi Duduk yang Tepat dan Nyaman Bagi Ibu Hamil"