Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usia Ibu Hamil Naik Pesawat yang Aman

Kesehatan Ibu Hamil
Tradisi mudik seringkali menjadi salah satu hal yang paling ditunggu bagi sebagian orang, tak terkecuali bagi ibu yang sedang hamil sekalipun. Namun, seringkali timbul pertanyaan, bolehkah wanita yang sedang hamil naik pesawat? Pertanyaan ini dirasa wajar, mengingat hamil adalah hal yang paling ditunggu-tunggu, sekaligus rentan bagi sebagian orang.

Pada umumnya, menggunakan pesawat untuk bepergian tidaklah terlalu bermasalah untuk ibu hamil. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan agar resiko yang dapat membahayakan wanita hamil dapat dihindarkan.

Sebenarnya, tak hanya wanita hamil saja yang bisa mengalami gangguan saat melakukan penerbangan. Hanya saja, wanita hamil dianggap memiliki resiko yang tinggi dalam mengalami gangguan penerbangan, diantaranya adalah seperti kram dan mengalami pembengkakan kaki. Gangguan ini pada umumnya terjadi jika penerbangan dilakukan diatas 3 hingga 5 jam. Bahkan, tak sedikit pula yang mengalami blood clots atau pembekuan darah yang menjadikan pembengkakan kaki serta mata kaki. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter pribadi anda sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat.

Setiap dokter memiliki pandangan sendiri-sendiri terkait syarat ibu hamil naik pesawat. Beberapa mengatakan jika usia kehamilan 4 hingga 7 bulan merupakan masa yang aman untuk wanita hamil menggunakan pesawat untuk bepergian. Namun, tak sedikit pula yang mengatakan jika 3 hingga 6 bulan dianggap aman untuk melakukan perjalanan. Namun pada intinya, jangan melakukan perjalanan dengan pesawat pada saat usia kehamilan masih terlalu muda karena akan menyebabkan keguguran pada masa kehamilan. Tidak disarankan juga menggunakan pesawat pada saat usia mendekati melahirkan karena dikhawatirkan wanita hamil akan melahirkan di pesawat.

Untuk melakukan penerbangan, ibu hamil harus memperhatikan beberapa hal, seperti mempersiapkan diri sebelum keberangkatan. Pertama, cek informasi pertolongan medis atau rumah sakit di tempat tujuan anda. Hal ini untuk mempermudah jika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, lakukan vaksin untuk wanita hamil yang aman untuk menghindari tertularnya berbagai virus yang akan merugikan wanita hamil.

Sebagai penutup, ada beberapa tips untuk ibu hamil yang harus diperhatikan. Terlihat sepele, namun hal ini justru vital dan penting dilakukan wanita hamil. Pertama, ada baiknya wanita hamil menggunakan pakaian yang longgar untuk memudahkan gerak serta pernafasan. Jangan lupa, perbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi. Terakhir, setiap 30 menit, usahakan berdiri agar peredaran darah dalam kaki lancar.

Ringkasan:
  • Melakukan perjalanan menggunakan pesawat pada saat hamil pada dasarnya tidaklah terlalu bermasalah.
  • Adapun usia kehamilan yang aman bepergian menggunakan pesawat adalah pada saat usia kehamilan 3 hingga 6 bulan atau 4 hingga 7 bulan.
  • Tips untuk ibu hamil sebelum naik pesawat adalah menggunakan pakaian longgar, konsumsi air putih dan berjalan setidaknya setelah 30 menit duduk.

Post a Comment for "Usia Ibu Hamil Naik Pesawat yang Aman"