Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Overdosis Kopi dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Overdosis Kopi
Minum Kopi sepertinya sudah menjadi hal yang wajib bagi banyak orang dan mungkin termasuk anda. Minum kopi saat pagi dan saat lembur memang nikmat, namun tahukah anda apabila terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan overdosis? Dan seberapa banyak konsumsi kopi sehingga bisa menyebabkan seseorang menjadi overdosis?

Overdosis kopi ditandai dengan jantung berdebar-debar  dan tangan bergetar. Dan hal ini bisa berlangsung selama empat sampai enam jam hingga efek kafein menghilang dari sistem tubuh Anda.

Beberapa faktor yang memengaruhi cara tubuh seseorang memetabolisme stimulant kopi, seperti: berat badan, genetika dan tingkat toleransi terhadap stimulan tersebut. Apabila setelah minum kopi, Anda mulai merasakan panik, sebaiknya mulai mengambil napas dalam-dalam dan mengingatkan diri sendiri bahwa situasi ini bersifat kimiawi sementara, karena kafein adalah stimulan bagi sistem saraf pusat. Apabila anda panik, maka hanya akan membuat gejala bertambah buruk.

Bagi anda yang Jika tidak bisa hidup tanpa minum kopi setiap harinya sebaiknya membatasi hanya sebanyak 400 miligram perhari. Pada umumnya, kopi siap saji memiliki takaran sebanyak 80-200 mililiter persajian. Sehingga, dua atau tiga cangkir kopi, masih masuk ke dalam takaran toleransi batas aman konsumsi kopi/kafein.

Meskipun jarang terjadi, overdosis  kopi bisa menyebabkan masalah serius, terutama bagi penderita gangguan jantung atau tekanan darah tinggi. Overdosis kopi akan menyebabkan gangguan irama jantung, serangan jantung, stroke, vasokonstriksi, dan tekanan darah tinggi meningkat.

Untuk mengurangi efek dari Overdosis Kopi, adalah dengan memperbanyak minum air putih untuk mendorong kafein keluar bersama air seni. Selain ibu Olahraga juga dapat membantu, karena bisa membakar kelebihan energi dan mempercepat metabolisme tubuh. Dan apabila cara ini tidak memberikan efek yang lebih baik, segeralah hubungi dokter atau minta seseorang mengantar Anda ke rumah sakit, untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Ringkasan:
  • Gejala Overdosis Kopi adalah  jantung berdebar-debar, panik dan tangan bergetar,
  • Secara Umum jumlah maksimal konsumsi kopi adalah 400 miligram perhari,
  • Over dosis pada penderita gangguan jantung dan hipertensi bisa menyebabkan efek yang seriur.

Post a Comment for "Gejala Overdosis Kopi dan Cara Mengatasinya"